Teknopreneur.com – Timeline twitter pada masa sekarang dipenuhi kicauan dari aplikasi robot pengguna pihak ke tiga yang diatur oleh pemilik akun. Kicauan akun twitter robot yang aktif tersebut telah mencapai lebih dari 23 juta kicauan otomatis yang terus menerus dari jumlah total akun twitter sebanyak 270 juta user, pada semester ke dua tahun ini seperti yang dilansir oleh Daily Mail pada (13/8) yang lalu.

Ke 23 juta robot tersebut dikabarkan tidak pernah mengunjungi situs twitter, namun mereka terus berkicau aktif melalui pengaturan aplikasi yang memungkinkan tetap melakukan retweet secara otomatis dan sebagainya. Beberapa diantara akun twitter robot tersebut mencoba melakukan perhatian kepada pengikut mereka melalui isu menarik, link postingan, dan pelbagai hal lainnya.

Namun sejalan dengan hal tersebut, tweet dari robot itu dianggap sebagai spam dan menjadi sebuah masalah pada situs twitter. Pada tahun 2012 yang lalu pihak dari Twitter telah mengajukan gugatan di pengadilan Federal, San Fransisco terhadap lima penyedia alat paling agresif dan spammer. Hingga saat ini twitter terus mengupayakan untuk memblokir spam account dari berbagai aktivitas akun robot tersebut.

Sementara itu Twitter mengkaliam bahwa ada sekitar 13,5 juta akun twitter yang bukan dari manusia, atau sekitar lima persen dari total akun twitter yang telah dibuat. Namun dalam tiga bulan yang berakhir 30 Juni 2014, sekitar 11 persen dari semua pengguna aktif dan semata-mata digunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses Twitter.