Teknopreneur.com – Saat ini industri animasi Indonesia mulai tumbuh, bagaikan raksasa yang baru bangun dari tidurnya. Ditandai dengan lahirnya film animasi buatan asli Indonesia, KukuRockyou, diproduksi oleh Digital Global Maxinema (DGM) yang bermarkas di Malang.

DGM bekerjasama dengan Elex Media Komputindo dan Gramedia untuk memproduksi dan mendistribusi berbagai buku edukasi yang menampilkan karakter dari film KukuRockYou. Pembuatan film animasi tersebut memakan waktu satu tahun, dan dengan akan dirayakannya HUT RI ke-69 diharapkan menjadi momen bagi kebangkitan animasi lokal.

KukuRockYou mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membantu mempromosikan untuk mencuri perhatian anak-anak Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu mengatakan,“pihaknya akan terus mendorong perkembangan industry kreatif di indonesia. Kita harus memberikan apresiasi terhadap produk buatan anak bangsa yang tidak kalah dengan produk buatan impor.”

Film animasi ini, mengisahkan seekor ayam yang ingin menjadi roker sejati, tetapi masih perlu yang namanya latihan dan usaha yang keras untuk mencapai keinginannya tersebut. Adapun kendala yang dihadapi oleh animator Indonesia biasanya dalam produksi.

“Sebelum menjual sebuah produk pastinya harus produksi terlebih dahulu, masalahnya para animator biasanya terkendala oleh biaya produksi. Jadi bagaimana kita sebagai pemerintah bisa membantu membiayai dalam proses praproduksi tersebut”, jelas Mari Elka, dalam acara peluncuran KukuRockYou kemarin.

Diharapkan industri animasi Indonesia bisa dengan cepat tumbuh, artinya semakin banyak studio animasi dan para animator yang memiliki kreatifitas tinggi sangat diperlukan untuk pertumbuhan industri. KukuRockYou mulai ditayangkan pada tanggal 17 Agustus 2014 di salah satu televisi swasta. Semoga anak-anak Indonesia dapat menyukai film animasi karya anak bangsa ini.