Teknopreneur.com – Google bekerja sama dengan lima perusahaan Asia, dikabarkan akan membangun kabel di bawah Samudera Pasifik yang dapat meningkatkan kecepatan internet. Kabel yang dijuluki “Faster ini”, akan menghubungkan dari Amerika sampai ke Jepang yang menelan  biaya hingga 300juta dollar AS, seperti yang dikutip dari BBC News.

Kabel trans pasifik ini, memiliki kapasitas kecepatan hingga 60 terabyte per detik atau bisa untuk mengirim lebih dari 2.000 film HD. Kabel tersebut akan selesai pengerjaannya dan mulai beroperasi pada tahun 2016.

Perusahaan yang bekerja sama dengan Google dalam membangun trans-pasifik, terdiri atas sejumlah perusahaan raksasa telekomunikasi Asia. Perusahaan tersebut yaitu China Mobile, China Telecom, Global Transit, KDDI, dan SingTel.

Ketua Komite Konsorsium, Woohyong Choi menyatakan,”Faster merupakan salah satu dari beberapa ratus kabel telekomunikasi bawah laut yang menghubungkan berbagai belahan dunia. Kabel ini secara umum membentuk infrastruktur yang membantu meningkatkan kualitas internet global.”

Ia menambahkan, ini bisa jadi rute terpanjang dunia yang pernah dibangun di trans-pasifik dengan kapasitas yang besar. Kabel  tersebut akan menghubungkan jaringan antar negara dan kota, di Jepang Chikura dan Shima akan saling terhubung dan diteruskan ke pantai barat Amerika menuju kota-kota besar, yaitu Los Angeles, San Francisco, Portland, dan Seattle.

Sebelumnya, Google sudah menawarkan akses internet dengan kecepatan 1Gbps untuk kota-kota di Amerika Serikat melalui serat  optik (kabel Fiber), seperti Austin, Texas, dan Kansas City, Kansas. Tentunya dengan adanya pembangunan infrastruktur jaringan lintas pasifik kecepatan akses internet yang dimiliki jauh melampaui dari yang sebelumnya.