Teknopreneur.com – Pengguna akun di jejaring sosial media terus mengalami peningkatan, seiring dengan jumlah populasi manusia dan produk teknologi yang semakin maju dan berkembang. Namun sejalan dengan hal tersebut, privasi pengguna akun dan keamanannya sendiri perlu diperhatikan. Karena tidak menutup kemungkinan kejahatan di dalam dunia maya masih kerap terjadi dan mengintai.

Sebagai pengguna akun di jejaring sosial tidak ada salahnya untuk memperkuat basis keamanan data di setiap akun yang kita miliki. Berikut Teknopreneur rangkum 7 langkah untuk memperkuat kata sandi di jejaring akun sosial kita:

  1. Selalu menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol seperti tanda seru dengan variasi huruf besar dan huruf kecil.
  2. Jangan menggunakan kata yang ada di dalam kamus, bahkan jika Anda menambahkan angka dan simbol. Perlu Anda ketahui bahwa ditemukan program yang dapat memecahkan sandi dengan melalui database kata-kata yang cukup populer. Agar dapat dihindari, acaklah huruf sandi Anda dengan menyelipkan beberapa angka ditengah katanya.
  3. Mengganti karakter huruf. Jika angka 0 diubah menjadi o, dan s menjadi $. Kombinasikanlah semua perangkat symbol yang ada pada keyboard.
  4. Hindari kata-kata yang mudah dikenali atau hal-hal yang lebih familiar yang berhubungan dengan Anda. Seperti nama jalan, nomor rumah, nama kelurahan, nama anggota keluarga, nama kota, nomor telepon, dan sebagainya. Alternatifnya, cobalah balik kata sandi Anda misalkan Jakarta menjadi Atrakaj untuk memudahkan mengingatnya.
  5. Tidak mencantumkan kata sandi yang sama dengan akun yang lain. Karena ketika salah satu akun media sosial Anda diretas, maka dengan mudah akun yang lain akan kena.
  6. Catat semua akun Anda di dalam sebuah buku yang cukup dirahasiakan, agar jika sewaktu-waktu diperlukan dapat dengan mudah dipakai kembali.
  7. Integrasikan semua akun sosial Anda ke dalam perangkat seluler. Karena dengan intregrasi tersebut, akun akan secara otomatis melakukan pemberitahuan jika terjadi masalah keamanan pada sandi Anda.

Ke tujuh tips tersebut  bukan hanya akan membantu untuk keperluan keamanan sandi Anda saat membuat akun di jejaring sosial media, juga untuk kemanan akun transaksi kegiatan ekonomi Anda di layanan lainnya.