Teknopreneur.com – Microsoft menyatakan, “Windows Phone Store saat ini telah memiliki kurang lebih 270.000 aplikasi yang tersedia didalamnya, pada bulan Juli 2014. Dan sekitar 15.000 aplikasi bertambah, yang pada bulan sebelumnya baru mencapai angka 255.000.”

Saat ini, jumlah tersebut bertambah kembali menjadi lebih dari 300.000 aplikasi. Artinya, sekitar 30.000 aplikasi baru telah menghiasi Store dalam kurun waktu tiga minggu. Agak mengherankan, pasalnya pertumbuhan tersebut terjadi di musim panas yang semestinya para pengembang aplikasi kebanyakan merayakan hari libur pada musim panas.

Dilihat secara kuantitas pertumbuhan aplikasi di Windows Phone Store memang terbilang lebih lambat dibanding kompetitornya. Akan tetapi, jika pertumbuhan tersebut stabil seperti bulan sebelumnya, Microsoft memperkirakan pada akhir tahun 2014 aplikasi yang dimilikinya nanti akan mencapai angka 500.000.

Pertumbuhan tersebut menunjukkan bahwa ekosistem antara windows phone dengan para pengembang saat ini berjalan dengan baik dan kedepannya memiliki prospek bisnis yang cerah. Apabila mampu bertahan, bisa jadi windows phone akan menjadi saingan beratnya Android dan iOS.

Perlu diketahui, Windows Phone saat ini berada di posisi tiga besar setelah android dan iOS sebagai penyedia sistem operasi smartphone di dunia. Demikian pula dalam market share, Windows phone juga masih tertinggal jauh dengan perolehan pasar hanya sebesar 3,4% saja. Android di posisi puncak dengan memperoleh pasar sebesar 52,1%, sedangkan untuk iOS memiliki pasar sekitar 41,3%.