Teknopreneur.com – Bercita-cita pergi ke luar angkasa mengitari planet mars ataupun ingin menginjakkan kaki di bulan? Tentu banyak orang yang menginginkan hal tersebut. Namun, sebagian orang berpikir itu hanyalah khayalan belaka dan tidak munkin terwujud.

Mungkin Google Maps bisa sedikit mewujudkan cita-cita anda tersebut. Baru-baru ini, masih dalam suasana perayaan ulang tahun kedua Google, telah mendaratkan sebuah robot yang dikenal dengan nama Curiosity Rover.

Dengan robot tersebut dapat menampilkan gambar Planet Mars secara utuh yang terlihat seperti melihat langsung dari jarak dekat. Gambar tersebut dapat diputar serta dapat di-zoom sehingga anda dapat melihat lebih jelas permukaan dan kontur daratan Mars juga daerah yang telah dipetakan.

Google Maps di bumi pemetaan dapat dilakukan secara mendetail, sedangkan Maps untuk dibulan dan Mars belum ditampilkan secara detail. Akan tetapi, secara garis besar kita dapat mengetahui rupa Bulan dan Planet Mars dengan melihatnya secara langsung di layar. Selain itu, Google juga menyediakan peta bulan dalam google maps.

Adapun cara untuk bisa melihat gambar Mars dan Bulan adalah dengan membuka Google Maps. Kemudian aktifkan earth view dengan mengklik icon tersebut yang terletak di pojok kiri bawah layar.

Setelah tampilan 3D bumi muncul, Anda harus melakukan zoom out sejauh munkin, lalu klik tombol explore di pojok kanan bawah layar. Kemudian nantinya di bagian bawah akan ada tiga tampilan  benda angkasa (Bumi, Bulan, dan Mars) yang bisa dipilih untuk kemudian Anda jelajahi.