Teknopreneur.com  –  Facebook pada beberapa tahun terakhir merupakan website terpopuler di dunia maya saat ini, sejak kemunculannya di internet. Setidaknya saat ini user akun facebook telah mencapai lebih dari 1,3 miliar orang, yang walaupun diduga ada akun ganda pemiliknya.

Namun tahukah Anda, bahwa telah bermunculan media sosial lain seperti facebook ini yang saat ini sedang bersaing dengan kepopuleran facebook di dunia. Total indeks pencarian facebook sendiri di google telah mencapai 5.330.000.000 hasil dalam 0.40 detik. Ada lima jejaring media sosial karya anak bangsa yang saat ini tengah naik daun, merangkak menyaingi facebook.

Beberapa diantaranya sebagai berikut:

  1. Temanku adalah situs jejaring sosial pertemanan untuk berinteraksi dan berbagi informasi dengan orang-orang dalam jejaring anda dan/atau daerah anda, yang mengarahkan anda membangun dan memanfaatkan kontak jaringan anda dengan baik, melalui pesan dan berbagi informasi. Situs ini dirancang untuk memfasilitasi anda dalam berkomunikasi, berbagi informasi dan berkenalan dengan orang-orang dalam jejaring anda dan/atau daerah anda, dan dengan ini, mendorong anggota membagikan profil pribadi tertentu dengan sepenuhnya memanfaatkan fasilitas komunikasi ini. Situs ini telah mencapai 1.610.000 indeks pencarian di google dengan waktu 0,24 detik.
  2. Paseban adalah website yang dikembangkan untuk memenuhi salah satu kebutuhan masyarakat luas, yaitu bersosialisasi. Paseban.com muncul dengan konsep situs jejaring sosial yang berbasiskan komunitas. Saat ini pencarian di indeks google telah mencapai 1.080.000 dalam 0,41 detik.
  3. SalingSapa adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web bernuansa Islami. SalingSapa dibuat oleh Muhammad Yahya Harlan, seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP). SalingSapa dibuat dengan mengadopsi pola tampilan Facebook dengan alasan untuk memudahkan pengguna baru untuk menggunakannya. Hingga saat ini tercatat Salingsapa di indeks pencarian google telah mencapai 670.000 dalam 0,27 detik.
  4. Mobinessia adalah jaringan pertemanan berbasis ponsel dengan beragam fitur seperti; microblogging, album photo, kronologer status, messaging, chat, dan lainnya. Saat ini di dalam pencarian indeks google mencapai 91.600 dalam 0,31 detik.
  5. Facelim adalah jariangan media sosial seperti facebook pada umumnya. Namun memiliki perbedaan seperti warna yang identik dengan corak hijau. Media jejaring sosial ini bukan hanya untuk muslim semata, tetapi juga untuk umat yang lainnya. Saat ini Facelim berada dalam indeks google sekitar 18.400 hasil dalam hitungan 0,31 detik.

Masih banyak lagi jejaring media sosial buatan Indonesia, namun tidak lama bertahan seperti kelima situs yang disebutkan di atas.