Teknopreneur.com – Perusahaan mesin pencari asal china ,Baidu, belum lama ini tengah gencar mengembangkan aplikasi android yang tersedia di Play Store. Pada Bulan Juni kemarin, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2000 ini telah berhasil masuk daftar 10 besar unduhan terbanyak di Google Play Store, tepatnya di posisi keenam.

Facebook masih nyaman bertengger di posisi puncak dengan pesaing beratnya google di posisi kedua. Banyak aplikasi yang telah dikembangkan oleh baidu, seperti aplikasi  DU Battery Saver dan DU Speed Booster yang sering kita temukan bahkan mungkin telah terpasang dalam smartphone.

Dimana kedua aplikasi tersebut menunjukkan angka pertumbuhan pengguna yang cukup signifikan. Kedua aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengehemat baterai dan meningkatkan kinerja perangkat berbasis android.

Sejak dirilis pada bulan sepetember 2012, Tercatat ada sekitar 10 juta unduhan untuk aplikasi DU Battery Saver. Mayoritas penyumbang downloader terbesar berasal dari Indonesia pada aplikasi tersebut pada Q2 atau pada bulan Juni 2014.

Kelebihan yang dimiliki aplikasi tersebut bukan hanya sekedar menghemat baterai saja melainkan juga tersedia berbagai widget yang dapat memanjakan penggunanya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kemampuan pengaturan bahasa sesuai dengan keinginan si pengguna.

Hal ini ditujukan guna mencapai target Baidu sebagai pengembang aplikasi yang dapat bersaing secara global. Sebagaimana diketahui, pada tahun 2014 Baidu telah memiliki pengguna sebanyak 100 juta di seluruh dunia dengan 4 juta pengguna yang berasal dari Indonesia.