Teknopreneur.com – Tifatul Sembiring, Dalam akun pribadinya (twitter), membeberkan sejumlah prestasi yang dicapai oleh Kemenkominfo. Selain itu, ia juga menanggapi berbagai kritikan terhadap kinerja Kementerian Kominfo selama ini.

Kicauan tersebut berisi perihal perjalanan karirnya selama Ia menjabat di Kementerian Kominfo. Menurutnya, PNBP (Penerimaan Nasional Bukan Pajak) Kemenkominfo naik menjadi Rp 13,6 Triliun per tahun, sedangkan anggaran yang terpakai hanya Rp 3 Triliun per tahun.

Tifatul menambahkan,“Hampir seluruh desa di Indonesia saat ini sudah terhubung dengan telepon. Kalau dirinci, ada kurang lebih 72 ribu desa yang sudah terhubung dengan kabel telepon.”

Ia pun mengatakan, seluruh kecamatan di Indonesia kini sudah terhubung dengan internet melalui program PLIK (Pusat Layanan Internet Kecamatan) dan MPLIK (Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan). PLIK dan MPLIK merupakan proyek Kemenkominfo untuk memberikan akses internet bagi warga tingkat kecamatan dan kota yang belum mendapatkan akses internet.  

Menurutnya, saat ini sudah ada 5.748 PLIK maupun 1.970 MPLIK yang memberikan akses Internet secara cuma-cuma di seluruh kota dan kabupaten. Ia juga mengklaim Proyek Palapa Ring sudah rampung sampai 90%.

Ia pun menyampaikan, Jangkauan komunikasi seluler di Indonesia juga telah mencapai 95%. Kemudian selama ia menjabat, sebanyak 31 stasiun TVRI baru telah dibangun. Selain itu, dari berbagai kegiatan yang dilakukan Kominfo telah menghasilkan inovator-inovator baru, seperti INAICTA (Indonesia ICT Award), ICT Training Center, proyek e-learning, program beasiswa IT dan Komunikasi (S2 dan S3), Indonesia Open Source Award, dan sebagainya.

Ia pun mengaku belum puas dengan apa yang telah dicapaianya. Meskipun begitu, ia juga berterimakasih kepada mereka yang selama ini terus memberikan kritikan dan mengatakan tidak puas dengan kinerjanya.