Teknopreneur.com – Busines insider memperkirakan gangguan yang dialami oleh facebook mengakibatkan kerugian sebesar 1,2juta dollar AS atau sekitar Rp14miliar. Gangguan yang terjadi pada hari sabtu lalu tepatnya pukul 23.00 WIB berlangsung kurang lebih selama 1 jam.

Jejaring sosial itu ketika diakses lewat browser hanya menampilkan pesan berbunyi “Sorry, something went wrong. We’re working on getting this fixed as soon as we can.” Perkiraan kerugian tersebut didasarkan pada perhitungan laporan pendapatan iklan Facebook, yakni sebesar 2,86miliar dollar AS pada kuartal kedua 2014. 

Dari pendapatan iklan tersebut kemudian akan dibagi lagi dengan 3 bulan, 30 hari, dan 60 menit, maka akan diketahui bahwa facebook menghasilkan pendapatan dari iklan sebesar 20.700dollar AS tiap menit. 

Adapun pendapatan facebook mengalami peningkatan dengan hampir mencapai US$ 2,91 miliar pada akhir Juni 2014.  Mereka menyatakan penjualan iklan berkontribusi besar bagi pertumbuhan pendapatan facebook sebesar 62%.

Media sosial Facebook kini memiliki pengguna aktif sebanyak 1,32miliar atau naik sekitar 14% dari tahun sebelumnya. Perlu diketahui  pada 19 Juni lalu, facebook juga mengalami down sekitar 20 menit.

Facebook pun pernah mengalami gangguan terpanjang yang berlangsung kurang lebih selama 4 jam pada Oktober 2013. Kemudian Pada 2010, Jejaring sosial tersebut pernah juga tumbang selama 2,5 jam yang tentunya pada saat itu facebook juga mengalami kerugian yang cukup signifikan.