Teknopreneur.com – Sistem operasi Android yang dikembangkan Google kian mendominasi pasar. Terbukti para pesaingnya seperti Apple, Windows Phone, dan BlackBerry kalah jauh dalam penjualan ponsel pintar.

Berdasarkan data dari lembaga riset Strategy Analytics, pengiriman perangkat ponsel pintar pada kuartal kedua 2014 mencapai 295,2 juta unit. Dari jumlah tersebut, pengiriman ponsel berbasis Android berjumlah 249,6 juta unit atau menguasai sekitar 84,6% pasar ponsel pintar global.

Menurut Strategy Analytics, pada kuartal kedua 2014 Android merupakan satu-satunya platform yang mengalami pertumbuhan dibandingkan kuartal yang sama tahun 2013 dari pangsa pasar 80,2%. Posisi kedua ditempati oleh Apple yang mengirimkan 35,2 juta unit iPhone berbasis iOS.

Ini berarti, Apple menguasai 11,9 persen pasar ponsel pintar atau turun dari 13,4% pada kuartal yang sama tahun sebelumnya. Microsoft Windows Phone dan BlackBerry berada di posisi ketiga dan empat, di mana masing-masing mengirimkan 8 juta unit dan 1,9 juta unit ponsel pintar.

Dibandingkan periode yang sama tahun 2013, pangsa pasar Windows Phone kuartal ini turun dari 3,8% menjadi 2,7%, begitu juga dengan BlackBerry yang menyusut dari 2,4% menjadi 0,6%. Dominasi android tersebut menunjukan pangsa pasar global lebih memilih ponsel pintar dengan platform android dibandingkan produk lainnya.

“Layanannya yang murah dan software yang user-friendly masih menjadi daya tarik bagi pembuat hardware, operator dan konsumen di seluruh dunia. Vendor OS lainnya harus melakukan sesuatu yang revolusioner untuk menggeser Android di pengiriman smartphone,” ucap Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Neil Mawston.