Teknopreneur.com – Keberhasilan tim Jerman membawa pulang tropi piala dunia dari negeri Brazil menjadi kebanggaan bagi negara tersebut. Pasalnya, Jerman kembali merebut tropi tersebut setelah dua puluh empat tahun. Demi merayakannya, para pemain dan pelatih tim tersebut diarak keliling kota oleh warga setempat usai kembali ke negaranya.

Kesuksesan Jerman tahun ini ternyata tidak hanya didukung oleh kemampuan para pemiannya, namun juga oleh penerapan teknologi. Untuk memantau perkembangan para pemain, tim pelatih sengaja menerapkan software berbasis Big Data yang dinamai SAP Might Insights. Software ini merupakan kerjasama antara perusahaan software di Jerman, SAP dengan Asosiasi Sepak Bola Jerman.

Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi para pamain selama berlatih dan saat bertanding. Sistem ini juga memungkinkan pelatih untuk mengatahui perkembangan dan bakat pemainnya selama pertandingan. Alat yang disinkronasi dengan rekaman video selama pertandingan ini akan merekan gerakan pemain Jerman. Selanjutnya, sistem akan memprosesnya ke dalam data. Dengan software ini, pelatih akan mendapat lebih dari tujuh juta analisis perkembangan pemainnya.

Tujuan dibuatnya softaware ini demi membangun solusi inovatif yang meningkatkan kinerja pemain selama di lapangan. Jerman ternyata telah menerapkan sistem ini sejak awal pertandingan. Selain analisis perkembangan pemain, informasi tentang perkembangan para kompetitornya juga dapat diketahui.