Teknopreneur.com – Ketika smartphone kehabisan energi, yang dilakukan pertama yaitu mengisinya melalui aliran listrik agar smartphone bisa digunakan kembali.

Begitupulah moda transportasi sekarang, kita tidak perlu repot-repot lagi mengantri bahan bakar karena di pinggir jalan sudah disediakan pengisi listrik. Jadi, bahan bakar yang didapatkan bersih juga lebih efisien.

Pemanfaatan listrik kini bukan menjadi barang langka. Kereta, city transit system, dan mobil termasuk mobil pribadi, bus, sepeda, motor, dan skuter pun sudah memanfaatkan listrik.

Di Jerman misalnya, Frankfurt dan Nuremberg, light-rail dan kereta bawah tanah sudah 100% menggunakan listrik. Saarland merupakan kota di Jerman yang pertama kali memanfaatkan 100% listrik pada transportasi umum seperti kereta. Bogota, Kolombia hingga Amerika Selatan sudah menggunakan taxi listrik pada tahun 2013 dan juga terdapat 100 motor listrik.

Menurut data REN 21, awal tahun 2014, mobil listrik (EV) selalu terjual tiap bulannya di Norwegia. Sementara di Amerika Serikat lebih dari 8000 pom listrik dioperasikan sejak tahun 2013. Swedia pun sudah mencanangkan 2030 menjadi negara bebas bahan bakar fosil. Kegiatan jalan-jalan, bersepeda hingga bertransportasi harus menggunakan bahan bakar nabati atau listrik.