Teknopreneur.com – Pembangkit listrik tenaga panas bumi, air dan surya mungkin tidak asing di telinga. Tetapi, pembangkit listrik tenaga biomassa dari bahan bakar tongkang jagung ini pertama di Indonesia.

Perusahaan Listrik Negara (PLN) meresmikan pengoperasian pembangkit listrik biomassa tersebut pada Senin (21/7). Kegiatan tersebut diresmikan oleh menteri BUMN, Dahlan Iskan. Selain itu Direktur (Operasi Indonesia Timur) PLN Vicker Sinaga dan GM PLN Sulutenggo, Santoso Januwarsono serta Wakil Gubernur Gorontalo, Idris Rahim turut menyaksikan acara peresmian PLTB Tongkang Jagung yang berkapasitas 500 kilo Watt (kW) di kecamatan Pulubala, kabupaten Gorontalo, propinsi Gorontalo.

Menurut Santoso Januwarsono, “pertumbuhan kebutuhan listrik Gorontalo tiap tahun yang berada di 11,6%, membutuhkan Biaya Poko Produksi (BPP) listrik jika menggunakan BBM Rp2.900/kWh sedangkan jika menggunakan PLTB Tongkol Jagung ini, BPP bisa menjadi Rp1.058/kWh, sudah tentu jauh lebih murah”.

Santoso Januwarsono menambahkan,”187 ribu pelanggan, PLN harus memenuhi kebutuhan listrik sekitar 78 MW sehingga muncullah ide ini”.

“Ide berawal dari challenge yang diberikan Direktur (Operasi Indonesia Timur) PLN, Vicker Sinaga dua tahun lalu, sebuah ide tentang bahan bakar yang bukan hanya bersih tetapi juga memperhatikan kearifan lokal, di samping itu Gorontalo sendiri sudah terhubung dalam sistem interkoneksi 150 kV Sulutgo” tandasnya.