Teknopreneur.com – Musim mudik lebaran 2014 telah tiba, bagi para pemudik yang ingin pulang kampung perlu mempersiapkan dengan baik agar mudiknya bisa berjalan dengan aman dan nyaman. Persiapan tersebut bisa berupa kondisi kesehatan anda dan juga kendaraan yang digunakan untuk mudik haruslah dalam keadaan yang baik.

Akan tetapi tidak cukup sampai disitu, informasi perjalanan selama mudik lebaran tentunya menjadi sangat penting bagi si pemudik. Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggandeng Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian RI untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang di beri nama Zohib Messenger.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu memaparkan,“aplikasi tersebut akan berguna dalam membantu menyebarkan informasi tentang kondisi lalu lintas di berbagai wilayah. Zohib Messenger tentunya akan berguna bagi masyarakat yang sedang menjalani tradisi mudik.”

Melalui aplikasi tersebut para pemudik akan mendapatkan layanan pushed info messages berbasis lokasi ayang berupa info kondisi lalu lintas seperti kemacetan atau kecelakaan. Dengan begitu para pemudik dapat mencari jalur alternatif lainnya untuk mereka lalui.

Dia menjelaskan bahwa pushed info messages juga menydiakan informasi yang bersifat interaktif yaitu lokasi Rumah Sakit, rest area, bengkel, pos polisi dan SPBU yang ditampilkan secara embedded pada peta. Pengguna juga dapat melihat kondisi lalu lintas secara realtime melalui CCTV yang tersedia pada fitur aplikasi tersebut dengan format video atau gambar.

“Kita maksimalkan aplikasi dan konten lokal sebagai wujud kepedulian pemerintah pada pengembang lokal yang tak kalah dengan aplikasi dari mancanegara,” ujarnya.

Aplikasi Zohib Messenger sama seperti halnya aplikasi Messenger lainnya seperti Whatsapp, BBM, Line atau Kakao, namun asli buatan Indonesia sekaligus fitur info mudik yang menjadi pembeda. Aplikasi Zohib Messenger tersebut dapat di download pada Playstore untuk android dan Appworld untuk blackberry.

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pemudik dalam memperoleh info seputar mudik lebaran tahun ini. Petunjuk cara download dan pengoperasian aplikasi Zohib Messenger secara lebih detail dapat Anda lihat di situs http://kb.klikindonesia.or.id.