Teknopreneur.com – Dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik data Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) bersama 10 penyelenggara telekomunikasi telah melakukan test drive atau ujicoba jaringan.Ujicoba tersebut berupa pengecekan kualitas layanan telekomunikasi kesejumlah rute yang diperkirakan akan sangat padat dalam arus mudik lebaran tahun ini.

Rute tersebut meliputi Merak dan Bakahuni, Cirebon, Tasikmalaya, serta semarang kea rah Solo terus hingga menuju Surabaya. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemkominfo, Ismail Chawidu mengatakan,”Pengujian tersebut sengaja dilakukan dibeberapa hari sebelum lebaran.”

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui keberhasilan panggilan telepon dan sebaliknya juga kemungkinan dropped call, blocked call dan rata-rata lamanya pengiriman SMS serta komunikasi data lainnya. Pengecekan ini juga dilakukan di wilayah Sumatera, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur mengingat tingkat pergerakan masyarakat untuk mudik cukup tinggi.

“Pengecekan kualitas layanan telekomunikasi ini sebenarnanya sudah rutin dilakukan sejak tahun 2007. Tujuan test drive ini adalah untuk mengetahui kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan layanan telekomunikasi di saat suasana lebaran 2014,” jelasnya.

Kemudian ia juga menyatakan, ketentuan mengenai peningktana kualitas layanan tersebut sifatnya terbuka kepada para penyelenggara telekomunikasi, tetapi tentunya hal tersebut sudah merupakan kewajiban yang harus ditaati sesuai beberapa Peraturan Menteri Kominfo No. 32 /Per/M.Kominfo/10/2008 mengenai kewajiban pelayanan universal telekomunikasi sesuai standar kualitas layanan telekomunikasi yang berlaku.

“Dalam kondisi menjelang lebaran 2014 saja turunnya kualitas layanan telekomunikasi cukup banyak dikeluhkan oleh sejumlah warga masyarakat. Apalagi saat dalam suasana lebaran 2014.”imbuhnya.