Teknopreneur.com – Dari tahun ke tahun teknologi berkembang semakin cepat membuat Indonesia tidak ingin ketinggalan untuk mengejar arusnya. Tidak terkecuali, perusahaan listrik pemerintah, PLN pun mengembangkan mesin pembangkit listrik berbasis android.

Kini, satu unit peralatan untuk mesin pembangkit yang berfungsi menghidupkan dan mematikan dari jarak jauh tersebut diciptakan oleh teknisi di bengkel kerja Kantuk PLN salah satu daerah di Indonesia tepatnya di area Sanggau, Kalimantan Barat.

Teknisi yang terdiri dari Edi Yulianto, Anwar, Martinus, Aloysius dan Heru ini sudah melakukan simulasi cara kerja mesin listrik berbasis android berupa modul Datakom D 500 yang dipasang di voltage panel protection.

Edi Yulianto mengatakan,”kondisi unit-unit mesin di PLN Sanggau perlu diproteksi karena kemungkinan kerusakan mesin pun bisa saja terjadi”.

Oleh karena itu, “modul tersebut selain bisa diaktifkan dari jarak jauh juga memudahkan untuk mengontrol kondisi mesin karena memiliki fitur-fitur yang memberikan kenyamanan pada pengguna untuk memantau parameter generator, biaya, arus, tekanan pelumas serta analisis terjadi gangguan kerusakan” ujar Edi ketika ditanyakan manfaatnya.

Edi juga menambahkan,”pesan singkat akan dikirim kepada pengguna guna memberitahu dan mengantisipasi seberapa besar gangguan kerusakan tersebut”.

Teknologi ini ternyata sudah diterapkan di tiga wilayah tidak hanya di Sanggau. Suak Payung (Sekadau) sudah mempunyai tiga unit mesin pembangkit disusul Belitang (Sekadau) sebanyak dua unit dan Senaning (Sintang) satu unit. Sementara Sayan (Nanga Pinoh) sejumlah dua unit.