Teknopreneur.com- Banyak masyarakat Indonesia menganggap fasilitas rumah sakit di Indonesia belum modern. Tak heran masih banyak orang memilih pergi ke luar negeri untuk masalah pengobatan. Di tahun 2012 saja, menurut data Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terdapat 600.000 orang Indonesia berobat ke luar negeri.

Tapi sekarang sepertinya masyarakat harus berpikir ulang jika ingin berobat ke luar negeri, karena tenyata di Surabaya dan Jakarta juga ada rumah sakit dengan fasilitas peralatan kesehatan yang modern. Salah satu peralatan unggulan dari National Hospital Surabaya dan RS Pondok Indah Puri Indah ini adalah mesin MRI 3 Tesla.

MRI (Magnetic Resonance Imaging) adalah teknik diagnosis medis yang menghasilkan gambaran untuk memeriksa dan mendeteksi kelainan di dalam tubuh, dengan menggunakan medan magnet dan gelombang radio frekuensi. MRI dapat menghasilkan gambaran-gambaran dengan potongan sangat tipis dari bagian tubuh manapun dalam waktu yang singkat.  Teknologi terbaru pertama di Indonesia ini dapat menghasilkan gambar lebih jelas dan proses pemeriksaan lebih cepat, tak perlu khawatir MRI tak  menggunakan sinar X, sehingga tidak menyebabkan timbulnya radiasi.

Kemampuan diagnosis MRI 3 Tesla dua kali lebih cepat daripada MRI 1,5 Tesla. Diameter lubang pemeriksaan yang lebih besar 30 persen daripada MRI konvensional, serta lebih nyaman dan mengurangi kecemasan pasien. Alat ini sangat membantu dokter melakukan tindakan lebih lanjut karena menghasilkan gambar high definition yang lebih jelas dan detail.

Tak hanya soal MRI, National Hospital Surabaya juga dilengkapi CT Scan 128 Slice, dengan kemampuan interpolasi 500 slices sangat baik untuk pemeriksaan jantung dan pembuluh darah serta mamiliki paparan radiasi 30-40 persen lebih rendah dari alat CT Scan lainnya.

Bahkan National Hospital Surabaya menyediakan layanan instalasi radiologi terpadu untuk memberikan mutu pelayanan terbaik bagi masyarakat. Layanan instalasi radiologi ini menjadi salah satu yang terlengkap dan tercanggih di Indonesia, dilengkapi dengan alat-alat radiologi paling mutakhir seperti X-Ray, Fluoroscopy, Mammography dan Ultrasonography.

Dengan tersedianya kecanggihan layanan medis di Indonesia diharapkan mengubah persepsi masyarakat bahwa kini tak perlu lagi memilih berobat ke luar negeri, karena Indonesia juga memiliki rumah sakit yang bisa memberikan pelayanan yang memadai. Kalau rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan pelayanan dan perlengkapan yang canggih, masalah pengobatan tak perlu pergi ke luar negeri kan?