Teknopreneur.com – Sekarang semua serba digital, dari mulai transaksi keuangan sampai bacaan yang tadinya dicetak kini beralih ke dunia digital. Peralihan dari manual menuju ke arah digital, merupakan salah satu alternatif yang dilakukan oleh seluruh penduduk dunia demi menjaga lingkungan, dalam hal pemanfaatan kertas.

Untuk itu, inovasi di bidang pendidikan saat ini sangat dibutuhkan, aplikasi “Buku BSE” diharapkan dapat menjadi alternatif khususnya dalam dunia pendidikan Indonesia untuk memperoleh buku pelajaran dengan mendownload di BSE.Mahoni.com secara gratis. Aplikasi tersebut memungkinkan si peserta didik dapat membaca kembali buku yang telah ia download tanpa memerlukan jaringan internet lagi.

Dengan demikian, pemanfaatannya dapat dirasakan oleh si pelajar saja, tetapi orang tua murid tidak harus mengeluarkan biaya tambahan lagi untuk membeli buku pelajaran anaknya. Di samping itu, para pengajar juga merasa terbantu dengan adanya aplikasi ini karena dapat membantu proses belajar mengajar siswa disekolah.

Direktur Mahoni.com, Ginting Sadtyono mengatakan,“Aplikasi “Buku BSE” tidak akan dikomersialkan, jadi bisa di-download gratis oleh siapa saja dari Appstore, Google Play dan Windows Store. Bagi yang belum mempunyai Gadget/Tablet bisa membacanya lewat Laptop/PC mereka.”

Departemen Pendidikan Nasional Indonesia menyatakan  Buku Sekolah Elektronik atau dikenal dengan BSE, merupakan program inisiatif pemerintah yang  bertujuan untuk menyediakan buku belajar elektronik pada tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Setiap buku yang diubah kedalam bentuk BSE telah dibeli hak ciptanya baik dari si penulis langsung maupun dari penerbit terkait, yang nantinya buku tersebut akan diubah dalam bentuk buku elektronik (e-book).

Buku yang dikeluarkan oleh BSE ini sudah sesuai dengan standar kurikulum pendidikan nasional dan tentunya dapat dinikmati oleh semua kalangan. Pemerintah menyatakan bahwa zaman buku cetak segera berakhir dan sekarang mulai beralih ke dunia digital.

Saat ini ada sekitar 50 juta jumlah pelajar dan guru di Indonesia, tentunya akan terjadi penghematan dari pemanfaatan Buku Sekolah Elektronik yang diberikan secara cuma-cuma. Dapat dikisarkan per tahun, berapa triliyun anggaran pendidikan yang dapat dihemat jika semua proses pembelajaran di Indonesia sudah beralih ke Buku Digital.