Teknopreneur.com – Struktur organisme di muka bumi yang paling sederhana salah satunya bakteri. Organisme yang tanpa nukleus atau inti sel ini sering dikatakan sebagai organisme pembawa penyakit. Jenis bakteri ini disebut bakteri patogen.

Memang, sebagian bakteri jenis ini tidak terasa efeknya dalam tubuh, akan tetapi tak jarang bakteri ini menjadi biangnya penyakit serius semisal penyakit tipus (Salmonella Typhi), tetanus (Clostridium Tetani) sampai dengan penyakit sifilis (Treponema Pallidum).

Namun, tidak semua bakteri memberikan dampak negatif bagi makhluk hidup. Misalnya saja bakteri ini bisa sebagai salah satu list energi terbarukan. Silikon yang sudah lebih dahulu dijadikan bahan baku tenaga surya, bisa digantikan oleh bakteri yang bisa berfotosintesis ini juga perkembangbiakkannya tergolong mudah.

“Bakteri ini dapat menghasilkan listrik karena pada saat berfotosintesis mereka juga menangkap energi matahari” ungkap Monika Prihastyanti, peneliti dari Univeristas Ma Chung, dikutip dari antaranews.com.

Walaupun bakteri tersebut bersifat tidak stabil, bisa ditangani melalui metode-metode khusus dengan bantuan bahan polimer agar strukturnya bisa menjadi lebih kuat.