Teknopreneur.com- Memanusiakan mesin. Itulah yang diucapkan Harry dalam diskusi mengenai “Integrasi Internet of Things (IoT)” (16/07). Harry K. Nugraha, Channel Business Director Intel Indonesia mengatakan IoT akan menjadi era baru teknologi. Berinteraksi dengan mesin akan menjadi layaknya berinteraksi dengan manusia pada umumnya.

Dunia akan memasuki era baru. Suatu zaman dengan hampir semua benda akan terkoneksi satu dengan lainnya melalui jaringan Internet. Era ini bernama Internet of Things. Apa sebenarnya IoT itu? IoT adalah suatu konsep teknologi yang memungkinkan sebuah perangkat terhubung ke jaringan internet untuk dimonitor dan dikendalikan dari jarak jauh oleh pengguna.

Ada banyak perangkat yang bisa dimonitor dan dikendalikan, mulai dari perangkat rumah tangga, lampu, AC dan pintu, aquarium dan masih banyak lagi. Prinsip dari teknologi  ini adalah hardware, internet, dan smartphone.

Membaca kebutuhan akan era ini, Intel ikut mengembangkan konsep ini selama 35 tahun. Salah satu inovasinya adalah Intel RealSense 3D Camera, untuk menciptakan pengalaman baru dalam menggunakan berbagai perangkat. Intel RealSense 3D Camera memungkinkan konsumen mengoperasikan computer tanpa menyentuh layar.

Kini, berbagai usaha bisnis juga telah mengadopsi IoT untuk membantu pengukuran yang lebih tepat agar lebih efektif dalam menjalankan bisnis. Implemantasi IoT diharapkan berdampak positif pada pengembangan berbagai aspek seperti tata kota, manufaktur, retail, dan bidang lainnya.

“Kami optimis bahwa  akan lebih banyak implementasi IoT di segala aspek. Intel ingin memberikan solusi lengkap untuk menciptakan perubahan melalui Internet of Things,” lanjut Harry.