Teknopreneur.com – Berdasarkan studi yang dilakukan Oracle, terhadap perusahaan profesional baik perusahaan B2B maupun B2C, menganggap loyalitas serta pengalaman terhadap pelanggan semakin penting untuk perusahaan mereka. Hal yang demikian, membuat mereka harus memfasilitasinya dengan berinvestasi dalam teknologi dan strategi konten digital.

Implikasi yang terjadi berhasil dijelaskan melalui dua survei yang dilakukan oleh Oracle Commerce. Peneletian tersebut dilakukan dengan mensurvei para professional e-commerce di seluruh dunia dari divisi bisnis dan teknologi. Meskipun hasil survei menunjukkan banyak perbedaan dalam investasi teknologi, akuisisi dan retensi pelanggan tampak sama pentingnya baik dalam B2B maupun B2C.

Semakin tumbuhnya pangsa pasar serta meningkatnya pengalaman pelanggan, dinyatakan sebagai bidang investasi utama bagi para profesional e-commerce. Vice President of Product Management Oracle John Andrews menyatakan,“Ekspektasi pelanggan terus mengubah cara berjualan online yang dilakukan oleh B2B dan B2C.”

“Membangun kedekatan yang berfokus pada pelanggan (customer-centric) dan berinvestasi dalam inisiatif omni-channel akan menjadi kunci dalam menumbuhkan tingkat pendapatan online untuk perusahaan B2B dan B2C di tahun 2014. Perusahaan B2C mulai mengubah fokus untuk meningkatkan loyalitas karena persaingan semakin tajam. Sementara itu, perusahaan B2B masih dalam tekanan untuk mampu mengadopsi strategi perdagangan B2C,” jelasnya. 

Personalisasi menjadi lebih penting karena dalam harga pasar perusahaan harus bisa bersaing serta memperoleh pelanggan setia. Inisiatif Big Data juga semakin penting karena perusahaan-perusahaan kini ingin mempelajari pelanggan mereka lebih dalam lagi. 

Sekitar 59% profesional e-commerce dunia menyatakan bahwa mereka berinvestasi dikonten digital demi memberikan pelayanan yang baik terhadap para pelanggannya. Dengan kepuasan pelanggan yang telah diperoleh tersebut sebagai timbal balik atas pelayanan yang baik, menjadi modal kepercayaan diri bagi mereka dalam persaingan bisnis global.