Teknopreneur.com – Masih ingat dengan Pulau Nusa Penida yang terletak di Bali? Pulau ini sebagai pulau yang diujicobakan juara Mandiri Young Technopreneur 2011, Technologies Files (T-Files) dengan inovasinya turbin arus laut.

Namun, jika Indonesia mempunyai Nusa Penida, boleh menengok negara lain yakni pulau terkecil di antara Kepulauan Canaria, Spanyol, Pulau El Hierro. Pulau ini disebut pulau perintis energi terbarukan oleh IRENA, organisasi internasional bagi energi terbarukan, dan pakar sejarah iklim di Institut Riset Sains Perancis IRD, Alain Gioda.

Ketika ditanyakan alasannya oleh Reuter, “Keistimewaan El Hierro yakni pertama kalinya para teknisi telah berhasil menggabungkan tenaga air dan angin tanpa terhubung sama sekali ke jaringan nasional untuk menjamin produksi listrik yang stabil, yang  100 persen datang dari energi terbarukan, dan mengatasi sifat alami angin yang susah ditebak” jawab Gioda.

Pulau tersebut tertanam lima turbin dengan daya sebesar 11,5 megawatt dan diperkirakan mampu memenuhi kebutuhan listrik 10.000 rumah tangga juga memfasilitasi desalinasi air.

Tenaga angin tersebut digunakan untuk memompa air tawar dari waduk dekat pelabuhan menuju waduk yang lebih besar di kawah vulkanik yang berada 700 meter di atas permukaan laut. Sebaliknya, jika angin sedang tidak ada, air akan mengalir ke waduk melalui turbin untuk menyuplai aliran listrik.

Ternyata, proyek di El Hierro ini mampu memotong emisi karbondioksida sebanyak 18.700 ton per tahun dan mengurangi konsumsi minyak bumi hingga 40.000 barel.