Teknopreneur.com – Berdasarkan prediksi sebelumnya, lonjakan trafik data akan terjadi saat Pilpres 9 Juli 2014. Hal itu diakui oleh Telkomsel dan XL. Dalam Sehari, pelanggan kedua operator tersebut menghabiskan data sampai lebih dari 1 petabytes,  pada hari H pencoblosan.

Pada hari pencoblosan tersebut, Telkomsel mengalami lonjakan layanan data paling tinggi yaitu mencapai 27,59 persen. Secara nasional, Telkomsel mencatat pelanggannya menggunakan layanan data sebesar 665 Terabyte atau naik sekitar 17,37 persen dibandingkan dengan hari normal di 2014.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan,”Berbeda dengan voice dan SMS, di hari pencoblosan terjadi kenaikan yang signifikan pada trafik layanan data. Khususnya di siang hari, di mana hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat aktif menggunakan internet dan social media untuk mencari maupun bertukar informasi seputar pilpres.”

Peningkatan yang sama juga terjadi di XL Axiata selama pemilihan berlangsung. Sosial media dan layanan Chat atau messenger menjadi alat komunikasi yang banyak digunakan pelanggannya, seperti Facebook, Path, Line, BBM dan Twitter sehingga memicu kenaikan yang cukup signifikan pada layanan data.

“Trafik data meningkat lebih tinggi daripada percakapan suara maupun SMS. Total trafik data di hari H mencapai 415 terabytes atau naik 27,69 persen dibanding hari biasa,” ucap Turina Farouk, Vice Presiden Corporate Communication XL.

Dari data kedua operator tersebut menunjukkan antusiasme warga terhadap Pilpres tahun ini yang hanya menyodorkan dua pasangan capres dan cawapres, yakni Prabowo – Hatta Rajasa dan Joko Widodo – Muhammad Jusuf Kalla.