Teknopreneur.com – Dalam suasana bulan Ramadhan tidak lengkap rasanya jika tidak diisi dengan kebaikan-kebaikan, seperti zakat. Zakat, sebagaimana yang telah kita ketahui merupakan pemberian sebagian harta kita kepada orang yang membutuhkan.

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui cara menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan serta tidak tahu harus disampaikan kepada siapa sebagai penyalur dana untuk kemudian diserahkan kepada yang membutuhkan. Dengan adanya hal tersebut, PT Inti Prima Mandiri Utama (iPaymu) bersama lembaga zakat Dompet Dhuafa bekerjasama menerapkan sistem layanan donasi secara online berbasis Mobile QRCode.

Pikukuh Tutuko, CEO iPaymu menyatakan,“Melalui layanan ini para donatur cukup memilih program yang akan didonasikan, kemudian scan QRCode program tersebut dengan aplikasi Mobile payment QR code. Kemudian lakukan log in untuk member iPaymu dan pilih non member untuk yang belum memiliki akun iPaymu.

Untuk yang belum memiliki akun, tetap bisa melakukan donasi secara online. Kerjasama antara iPaymu dengan Dompet Dhuafa berharap dapat membuat masyarakat Indonesia lebih cepat, aman dan nyaman dalam melakukan donasi secara online.

 “Dengan layanan mobile payment iPaymu berbasis QRCode, semua masyarakat dapat melakukan donasi cashless, donasi tanpa uang tunai,”ujarnya. Tentunya hal ini, juga mempermudah para donatur untuk melakukan penghitungan zakat dan penyaluran zakat dengan layanan payment gateway yang menjadi Inovasi layanan donasi ini.