Teknopreneur.com – Ada yang tahu siapakah negara dengan koneksi tercepat di dunia? Ya, dia adalah negara di kawasan Asia Pasifik yang juga dikenal dengan sebutan negeri gingseng dengan kecepatan koneksi rata-rata 23,6 Mbps. Hasil riset Akamai dalam kuartal pertama 2014 menyebutkan rata-rata kecepatan koneksi di Asia Pasifik memperlihatkan bahwa Korea Selatan memimpin dengan kecepatan koneksi rata-rata di di atas 20 Mbps. Menyusul di bawahnya  Jepang dan Hong Kong dengan kecepatan koneksi rata-rata di atas 10 Mbps. Sedangkan India di posisi bawah dengan kecepatan koneksi 1,7 Mbps.

Lalu dimanakah posisi Indonesia? Indonesia berada di peringkat 93 dengan kecepatan koneksi rata-rata sebesar 2.4 Mbps, angka ini menunjukkan bahwa kecepatan koneksi  Indonesia naik 46% ketimbang kuartal sebelumnya. Ini merupakan persentase peningkatan tertinggi dari sejumlah negara di Asia Pasifik. Sementara Australia naik 2,6%, kemudian ada Malaysia, Vietnam, dan Jepang dengan kenaikan di atas 10%.

Secara umum, Akamai mencatat bahwa kecepatan rata-rata Internet terus meningkat. Di kawasan Asia Tenggara, Singapura memimpin dengan kecepatan rata-rata Internet mencapai 8,4 Mbps, diikuti oleh Thailand 5.2 Mbps dan Malaysia 3.5 Mbps. Dalam periode ini Indonesia lebih unggul dibanding dengan Filipina dan Vietnam, meskipun dengan selisih angka yang tak jauh berbeda.