Teknopreneur.com – Kondisi kakak perempuannya yang menderita kanker payudara stadium IV justru membuat Warsito menciptakan ‘obat’ berbasis teknologi. Warsito P. Taruno, M.Eng, Ph. D, anak bangsa yang menyelesaikan studinya di Jepang membuat teknologi tomografi. Teknologi tomografi adalah teknologi yang memungkinkan sistem untuk memindai berbagai objek, mulai dari tubuh manusia, proses kimia, proses perminyakan, hingga kondisi perut bumi.

Penemuan tomografi volumetric 4D ini dianggap spektakuler dan telah dipatenkan di Amerika sejak 2006 lalu. Namun, pengembangannya terus dilakukan hingga kini. Teknologi ini bahkan te;ah sempat digunakan oleh lembaga antarikasa di Amerika Serika, NASA untuk memindai objek dielektrika pada pesawat ulang-alik pada misi ke Antariksa.

Teknologi terbaru yang dikembangkan Warsito dan timnya adalah alat terapi kanker otak dan kanker payudara. Alat yang berbasis teknologi ECVT itu terdiri dari empat perangkat, yakni brain activity scanner, breast activity scanner, brain cancer elektro capasitive therapy, dan breast cancer electro capasitive therapy. Alat ini berfungsi untuk mempelajari aktivitas otak secara tiga dimensi. Alatnya dibuat mirip helm dengan puluhan lubang konektor yang dihubungkan dengan sebuah stasiun data akuisisi yang tersambung pada komputer.

Lulusan terbaik Universitas Shizouka, Jepang ini telah membuktikan kemampuan inovasi yang ia ciptakan. Kakak perempuannya yang menderita kanker payudara stadium IV dinyatakan sembuh total setelah memakai lat ini selama beberapa bulan. Alat juga diuji coba pada seorang pemuda berusia 21 tahun yang menderita kanker otak kecil. Hasilnya, setelah dua bulan melakukan terapi, pemuda itu dinyatakan sembuh total dari penyakitnya. Padahal, ia sempat tak mampu lagi menggerakkan tangan dan kaki.

Penemuan Warsito tentu sangat berharga bagi perkembangan teknologi kesehatan di Indonesia. Apabila didanai secara serius, teknologi yang telah banyak digunakan bangsa Eropa ini tentu menjadi solusi yang baik bagi banyak penderita kanker di Indonesia.