Teknopreneur.com – Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), menyebutkan bahwa jumlah pengguna internet aktif Indonesia mencapai 63 juta orang atau sekitar 24% populasi penduduk indonesia. Dari data pengguna internet aktif, dapat diperkirakan pemain game online aktif Indonesia berkisar 6 jutaan atau sekitar 10% dari jumlah pengguna internet aktif.

Melihat perkembangan industri game tanah air yang berkembang pesat, saat ini semakin banyak developer game meluncurkan game-game online baru. Ran Returns, adalah salah satu game online yang baru saja melakukan event sebanyak dua kali pada bulan juli ini. Event tersebut bekerjasama dengan Gudang Voucher , tema event pertama adalah The Golden Crow dan yang kedua Random Point Shop.

Banyak para developer game luar negeri yang melihat potensi dari pasar game di Indonesia khususnya game online. Dengan adanya event tersebut, Ran Returns bertujuan untuk menjalin kedekatan dengan para Ranners sebagai pecinta game.

Maraknya penyelenggara event launching game yang sedang banyak dilakukan di Indonesia ini, khususnya di kota-kota besar, demi menjangkau para pemain game online aktif yang berjumlah cukup besar di Indonesia. Langkah-langkah tersebut menunjukkan, para developer game ingin memanfaatkan momen trend game yang sedang booming di Indonesia.

Semakin banyaknya developer game asing, seharusnya dapat memotivasi para Industri game lokal untuk terus melakukan inovasi dalam menciptakan game yang lebih baik lagi dan tentunya  tidak kalah bagus dengan game-game asing. Dengan harapan, kita bisa membuat game lokal yang bisa bersaing di kancah internasional.

Padahal sudah banyak kota-kota yang dijadikan embrio atau sebagai pertumbuhan industri game di Indonesia. Diketahui, dari industri game saja pendapatan negara mencapai 190 juta dollar selama tahun 2013. Ini menunjukkan, pangsa pasar yang sangat menggiurkan tentunya bagi para developer game khususnya developer game Indonesia.