Teknopreneur.com – Perkembangan mesin pencarian atau search engine saat ini, telah berkembang dan bertambah baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Mengingat semakin banyak penyedia jasa pencarian data atau informasi, salah satunya Baidu, akan menggandeng developer lokal untuk mengembangkan teknologinya dalam sistem android.

Baidu sudah sangat dikenal masyarakat dunia, khususnya Indonesia. Apalagi saat ini aplikasi browser asal China itu telah mempunyai pengguna sebanyak 100 juta orang di seluruh dunia. Sementara di Indonesia ada sekitar 4 juta orang.

Produk Manajer Baidu Indonesia, Kemas Antonius menyatakan,“Dengan semakin meningkatnya pengguna Baidu di Indonesia akan dilakukan kerjasama dengan pengembang lokal dengan meluncurkan Baidu Android Store.” Kemas juga mengatakan dorongan perusahaannya tersebut dalam kaitannya dengan pengembangan aplikasi mobile android seperti aplikasi permainan.

Hal tersebut Baidu Indonesia lakukan dalam rangka membuat platform yang seluas-luasnya dalam apliakasi android. Selain itu, Baidu juga memperkenalkan sistem tersebut kepada komunitas-komunitas lokal.

“Sebagai contoh , perusahaan kami telah berkeliling ke 19 universitas di Jawa dan Pulau Sumatera pada enam bulan pertama tahun 2014 dengan nama Android Goes to Campus. Enam bulan kemudian kami berencana bekerja sama mengembangkan aplikasi dengan developer lokal dan apabila bagus kami akan bantu promosikan,” jelas Kemas.

Mereka memberikan pernyataan bahwa Baidu masih fokus dalam mengembangkan aplikasi mobile android. Namun menurutnya,“Tidak menutup kemungkinan perusahaannya akan berkembang seperti Google nantinya.”