Teknopreneur.com – Jika mendengar kata komik, yang terpikirkan dalam benak kita pasti tidak jauh dari kartun atau animasi. Sebenarnya, komik itu sendiri merupakan media komunikasi kreatif dan inovatif berupa ilustrasi atau animasi yang menggambarkan suatu kondisi ataupun suatu peristiwa.

Melihat fenomena ini, PT Datascrip bersama dengan Wacom menggelar “Wacom Datascrip Comic Competition”. Kompetisi ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para siswa dan mahasiswa pecinta komik atau hobi menggambar untuk berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik dan komunikatif.

“Kehidupan Sekolah” merupakan Tema yang diangkat dalam kompetisi ini dan berlangsung mulai 1 Juli – 30 September 2014. Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori, yaitu untuk pelajar SMP, SMA, dan mahasiswa.  Untuk kategori SMP dan SMA maksimal anggota kelompok 3 orang dan untuk kategori mahasiswa maksimal 2 orang. Kendati begitu, peserta kompetisi ini juga bisa dikutsertakan secara perorangan atau sendiri.

Komik dapat dibuat secara digital maupun tradisional sebanyak 16-24 halaman bisa berwarna atau sekedar hitam putih saja, dengan ukuran kertas A4. Komik yang dilombakan, tentunya merupakan karya orisinil dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya.

Division Manager PT Datascrip, Jeremy Hermanto menyatakan “Melalui Wacom Datascrip Comic Competition, para siswa dan mahasiswa pecinta komik atau hobi menggambar dapat berkreasi menciptakan karya komik yang artistik, unik dan komunikatif. Dengan adanya lomba ini, Wacom dan PT Datascrip  juga bermaksud  membuka kesempatan kepada para siswa dan mahasiswa berbakat untuk tampil dan dikenal di ajang nasional.”

Diharapkan dengan diadakan kompetisi seperti ini, dapat melahirkan animator-animator yang kreatif sehingga dapat membantu perkembangan industri kreatif digital tanah air. Tidak hanya komik tetapi juga game dan video atau film animasi yang seharusnya bisa dibuat dan kembangkan oleh generasi muda Indonesia sendiri.