Teknopreneur.com – Di zaman serba modern ini melakukan transaksi bukanlah hal yang merepotkan, tinggal menggunakan layanan e-bangking yang  terdapat pada gadget anda, transfer uang bisa dilakukan dengan mudah, dimana saja dan kapan saja. Bahkan mungkin, nantinya seluruh bentuk transaksi bisa dilakukan secara on-line tanpa harus pusing mencari ATM untuk tarik tunai. Ini menjadikan peluang usaha baru tentunya bagi pelaku usaha, seperti Bank dalam menciptakan uang elektronik sebagai alat transaksi.

Belum lama ini, Telkom menyatakan nota kesepakatan perihal kerjasama dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut) pada tanggal 2 Juli 2014, kemarin. Kerjasama tersebut berisi tentang penyediaan layanan uang elektronik dalam bentuk peluncuran kartu T-money.

Awaluddin menuturkan,“Kerjasama penggunaan platform T-money antara Telkom dan Bank Sumut ini dalam rangka mendukung anjuran Bank Indonesia untuk meningkatkan pelaksanaan sistem pembayaran non tunai di masyarakat sekaligus mendukung Bank Sumut dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”

Kemudian Ia menambahkan,“Dengan adanya kerjasama dan peluncuran Kartu Bank Sumut T-money ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana  pembayaran non tunai (cashless) yang memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi dengan cepat khususnya di sektor transportasi di Medan.”

Seperti yang diketahui, saat ini Bank Indonesia (BI) tengah mendorong gerakan less cash society (LCS) atau penggunaan uang elektronik di sembilan kota di Indonesia, dan salah satunya adalah di kota Medan. Kondisi saat ini, dari 240 juta penduduk Indonesia, baru satu persen yang melakukan transaksi menggunakan e-money.

Data BI menyebutkan, penguna e-money terkonsentrasi di kota-kota besar di pulau Jawa, Sumatera dan sebagian Sulawesi. Sedangkan pemakaiannya masih sekitar sektor transportasi, seperti toll, pompa bensin, parkir dan transaksi di mini market.

Direktur Operasional dan Pemasaran Bank Sumut, Ester Junita Ginting mengatakan,“Bank Sumut sangat mengapresiasi Telkom dalam mendukung penyediaan infrastruktur teknologi sehingga Bank Sumut dapat menambah layanan bagi nasabahnya melalui kerjasama pengembangan  layanan co-branding kartu uang elektronik milik Telkom dengan nama Bank Sumut T-money.”

Kartu T-money sendiri, saat ini sudah dapat digunakan di kereta api bandara Railink ,Medan, yang merupakan layanan transportasi yang menghubungkan kota Medan dan Bandara Kualanamu. Penggunaan kartu T-money ini dimulai di sektor transportasi karena volume transaksinya besar, nominalnya kecil dan membutuhkan kecepatan transaksi.