Teknopreneur.com – Berbagai event penting terjadi pada bulan ramadhan tahun ini, bahkan piala dunia yang telah diselenggarakan menjadi salah satu penyebab terjadinya peningkatan lalu lintas data. Belum lagi, kampanye serta pemilu yang akan berlangsung dalam beberapa hari lagi, menjadi faktor pendorong untuk memanfaatkan fasilitas yang telah penyedia layanan data tawarkan.

Laporan terbaru dari Cisco, Visual Networking Index Global Forecast and Service Adoption for 2013 to 2018, memperkirakan lalu lintas internet global akan meningkat nyaris tiga kali lipat dalam lima tahun ke depan, disebabkan oleh meningkatnya jumlah pengguna dan perangkat internet. Lalu lintas internet  untuk koneksi jaringan fixed dan mobile diperkirakan akan mencapai 1,6 zettabyte per tahun atau lebih dari satu setengah triliun gigabyte, dalam persentase tumbuh sekitar 20% per tahun pada tahun 2018.

GM Solution Marketing Huawei Indonesia, Mohamad Rosidi dalam siaran pers (27 Juni 2014) menyampaikan, “Kini transformasi pengguna broadband di Indonesia telah dimulai, sebagaimana yang diindikasikan oleh lalu lintas data sebagian besar operator yang meningkat hampir dua kali lipat setiap tahunnya. Bisnis mobile bertransformasi dari layanan tradisional (Voice & SMS) ke multi-layanan konten dan video. Sesuai dengan yang diprediksikan, aliran pendapatan bisnis digital e-commerce pada aplikasi mobile juga meningkat dua kali lipat setiap tahunnya.”  

Berbagai konten digital yang beredar di pasaran, menunjukkan adanya transformasi bisnis yang dilakukan oleh para pelaku usaha. Bahkan sekarang, kampanye telah memanfaatkan dan telah memasuki fase digitalisasi, seperti game dan video animasi, yang dijadikan sebagai media promosi sekaligus menjadi penyebab terjadinya peningkatan lalu lintas data.

Terlebih lagi, menjelang lebaran momen mudik menjadi salah satu motor terjadinya lonjakan lalu lintas data. Untuk itu, peningkatan pelayanan konektivitas dari para penyedia layanan data sangat dibutuhkan demi memberikan pelayanan yang lebih baik, bagi para pengguna jasa internet.