Mengintip Ragam Inovasi Swedia

42

Teknoprenenur.com – Terkadang tidak pernah kita sadari bahwa banyak inovasi berasal dari inovator-inovator muda di sekitar kita. Lain halnya Swedia, negara ini selalu menghargai inovasi anak negeri walaupun itu hanyalah teknologi kelas rendah. Negara yang selalu menjunjung tinggi para ilmuwan muda ini sebaiknya memang harus dicontoh oleh negara kita agar kelak inovasi-inovasi dari peneliti muda tidak sekadar inovasi yang akhirnya usang tidak tersentuh sedikitpun.

Berikut ini inovasi-inovasi terbaik Swedia dan sukses digunakan oleh banyak negara yang dipaparkan The Local.

Spotify

Baik remaja maupun orang dewasa hidup dan bernapas untuk berdebat dalam banyak hal di sebagian besar hidup mereka. Mereka seharusnya atau tidak seharusnya berbagi dan mengunduh musik secara online? Hukum telah diciptakan, orang yang mengunduh juga dituntut, tetapi masalah file sharing masih diperdebatkan.

Perusahaan Swedia Spotify telah digembar-gemborkan di banyak tempat sebagai perusahaan yang telah mengambil beberapa langkah kunci untuk menghadirkan solusi. Salah satunya solusi yang dihadirkan Spotify berbagi dan mengunduh musik.

Didirikan pada tahun 2006 oleh pengusaha Daniel Ek dan Martin Lorentzon, platform streaming musik ini memiliki lebih dari 10 juta pengguna. Pada bulan Juli 2011, perusahaan diluncurkan di pasar Amerika Serikat (AS), dan puluhan ribu pengguna baru berdatangan. Spotify mempekerjakan sekitar 300 orang. Dagens Industri business daily memperkirakan omset perusahaan saat ini sekitar 2 miliar kronor ($ 311.000.000) dengan nilai saham sekitar 15 miliar kronor.

Skype

Skype diciptakan oleh pencipta sekaligus perintis platform file sharing Kazaa. Pria dari Swedia, Niklas Zenneström dan partner kerjanya yang berkebangsaan Denmark, Janus Friis mengembangkan program yang memungkinkan telepon dan video call gratis pada perangkat yang terhubung internet.

Perusahaan ini dibeli pada tahun 2005 oleh situs lelang eBay AS seharga 23 miliar kronor, dan platformnya sekarang digunakan oleh pihak swasta dan perusahaan di seluruh dunia. Skype memiliki 30 juta pengguna yang online secara simultan, dan pada bulan Mei tahun ini, Microsoft turut membelinya sekitar 55 miliar kronor.

HIV Tracing System – Pendeteksi HIV

Peneliti di seluruh Swedia telah bekerja selama 20 tahun untuk meneliti teknologi terbaru dalam penelusuran penyakit khususnya Human Immunodeficiency Virus (HIV). Ketika dokter dapat mendiagnosa penyakit lebih cepat, pengobatan pun dapat ditangani lebih awal, dan lebih banyak nyawa bisa diselamatkan. Alat ini tidak lagi menunjukkan hasil HIV yang akurat dalam satu bulan ataupun satu minggu, akan tetapi dapat menunjukkan langsung hasilnya dalam 15 menit saja.

ADAPTIV – Membuat Tidak Terlihat oleh Target Militer

Memang, hal-hal seperti inilah di luar imajinasi dan hanya ada di dalam film saja. Namun, di pasar persenjataan dunia, produsen kendaraan Swedia Hagglunds telah mengakali dengan cerdas. Mereka membuat produk terbaru dengan menggunakan teknologi inframerah yang  mampu mengelabui kamera inframerah dengan mengalihkan panas yang dipancarkan oleh kendaraan.

Pada pameran militer baru-baru ini, Hagglunds mempresentasikan tank-tank yang dibuat secara khusus agar tak terlihat dan tak tertangkap keberadaanya oleh kamera IR. Mereka saat ini pun sedang bekerja menciptakan kendaraan yang tak terlacak oleh radar.

Social Keybroker – Layanan Iklan Facebook

Media sosial Facebook sudah menjadi salah satu kebutuhan sehari-hari masyarakat dunia. Interaksi secara tatap muka pun sudah tergantikan atas jejaring sosial besutan mahasiswa Harvard ini. Di sisi lain, facebook mengubah kontennya baru-baru ini.

Salah satu perubahan terbaru utama adalah layanan iklan. Pembuatan layanan iklan tersebut bekerja sama dengan Swedia Keybroker melalui layanan mereka Social Keybroker. Perusahaan pun bisa meningkatkan pendapatan mereka sebesar 65 persen pada tahun lalu, dan bernilai sekitar 180 juta kronor.

Sistem identifikasi Cedera

Pasti salah satu di antara kalian pernah melihat acara televisi CSI, para pemain di acara televisi tersebut dapat menentukan kapan dan bagaimana terjadinya cedera akibat tindakan kekerasan. Inovasi untuk identifikasi cedera pun kemudian diciptakan oleh Dewan Kedokteran Forensik Nasional Swedia (Rättsmedicinalverket). Teknologi baru ini dikembangkan memungkinkan pelacakan perubahan kimia dalam tubuh dan mengungkapkan informasi tentang kapan kerusakan disebabkan benturan maupun tindak kekerasan.

PowerTrekk

Pernah melihat Film The Matrix? Film tersebut menceritakan inovasi-inovasi berikut tenaga listrik dihasilkan oleh udara. Rasanya mustahil, tetapi seperti itulah perusahaan MyFuelCell menciptakan listrik dari udara yang bernama PowerTrekk. Tidak seperti sel surya, PowerTrekk memanfaatkan udara seperti hidrogen untuk menghasilkan tenaga, dan karena itulah inovasi ini benar-benar bebas dari tenaga surya. Inovasi ini sangat berguna melihat iklim Swedia yang jarang tersentuh matahari.

X10 PVT – Mengubah Sinar Matahari Menjadi Panas

Produk ini diklaim sebagai panel surya pertama yang menghasilkan listrik dan panas. Panel besar ini dikembangkan untuk keperluan industri. Panel tersebut lebih menguntungkan karena tidak menggunakan unit terpisah untuk listrik dan panas.