Teknopreneur.com- Pengguna smarthphone mencapai 50 juta orang di Indonesia. Bekerja, bermain, bersosialisasi dengan teman-teman dilakukan melalui smarthphone. Tak heran banyak orang memiliki toko online sengan memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi messenger.

Tetapi beberapa aplikasi memiliki keterbatasan fitur seperti terbatasnya jumlah teman yang dapat bergabung dalam group, tidak bisa mengirimkan real time lokasi, tidak dapat berkomunikasi langsung dengan calon pembeli, juga masalah kostumisasi toko online di ponsel. Toko online pun jadi tak terkelola secara maksimal.

Barangkat dari permasalah itu, WeChat berusaha memberikan solusi berupa program edukasi toko online dengan dukungan beragam fitur yang dimilki oleh WeChat. Pemilik toko dapat meng-invite sebanyak mungkin calon pelanggan ke dalam akun toko online yang mereka punya, juga dapat meng-invite pembeli potensial masuk dalam group chat hingga 100 orang. Bahkan memposting foto produk terbaru ke dalam moments tanpa ada batasan jumlah foto yang di posting. Program ini membantu pemilik toko mempromosikan produk mereka melalui WeChat.

Ada juga layanan jelajah lokasi people nearby untuk mempromosikan toko sesuai dengan target wilayah. Hal ini tak hanya memudahkan penjual, pembeli pun mendapat kemudahan mencari barang yang mereka cari dengan mengaktifkan fitur people nearby. Calon pemebeli dapat mengetahui nama toko kemudian meng-add toko tersebut, lalu langsung berkomunikasi dengan pemilik toko untuk mendapat informasi tentang produk. Proses jual beli barang pun jadi lebih mudah.

Bagus Binantoro,  Director MNC Tencent Indonesia menjelaskan program edukasi toko online dilaksanakan selama tiga bulan di ITC Kuningan dan Cempaka Mas untuk produk gadget. Ke depan WeChat akan menyasar toko fashion, aksesoris, produk olahraga dan makanan.

“Pertumbuhan pasar gadget sangat tinggi, kita mau lihat bagaimana respon dari masyarakat.”

Menurut Bagus respon dari toko online saat ini sangat baik, baru seminggu berjalan sudah ada 1000 toko online yang bergabung dengan WeChat.