Teknopreneur.com – Industri game di Indonesia, mungkin masih terbilang baru dan masih sedikit yang menjalankan bisnis di bidang tersebut. Meskipun begitu, bisnis industri game di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Terbukti, dari Industri game saja, Indonesia bisa memperoleh pendapatan hingga 190 juta dolar AS sepanjang 2013.

Dengan pendapatan tersebut, berarti terjadi peningkatan 35% dibandingkan tahun sebelumnya, ini menunjukkan besarnya peluang bisnis yang dihasilkan dari industri game. Managing Director PT. Megaxus Infotech, Eva Muliawati menyatakan, “Bisnis game online di dalam negeri masih besar, disebabkan ekonomi Indonesia yang tumbuh di atas 6% dari tahun ke tahun.”

Selain data revenue dari industri game, pihaknya juga mencatat sampai saat ini di Indonesia
ada lebih dari 25 juta pemain game online. Game di Indonesia, saat ini telah menjadi trend dan membuatnya menjadi bisnis yang menjanjikan.

“Sekitar 70 persen hingga 80 persen pengguna game online masih bermain menggunakan PC. Sedangkan untuk mobile 20 persen. Untuk pasar mobile, ada sekitar 4 juta pelanggan yang pernah bermain game online melalui ponsel dengan kontribusi revenue 5 persen dari total pendapatan value added services (VAS),” jelas Eva.

Ini menunjukan prospek bisnis yang baik, karena diprediksi dalam beberapa tahun ke depan, bisnis game di Indonesia, baik game online berbasis PC ataupun mobile, akan terus berkembang seiring dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet yang didukung pula oleh besarnya jumlah penduduk Indonesia.

Eva Muliawati beserta pihaknya berharap, industri game dapat memperoleh perhatian lebih dan dukungan positif dari pemerintah. Dikarenakan, industri game dinilainya sangat potensial sehingga dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian negara.