Teknopreneur.com – Meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia akan konektivitas, membuat para operator ataupun penyedia jaringan telekomunikasi selalu melakukan pembaharuan demi memberikan pelayanan yang berkualitas, terlebih lagi saat masa lebaran tiba. Belum lama ini dua operator telekomunikasi, PT Telkomsel dan PT XL Axiata telah melakukan uji jaringan (test drive) di sepanjang jalur mudik pulau jawa.

PT Telkomsel telah melakukan uji jaringan pada hari senin di sepanjang jalur pantura (pantai utara). Dikarenakan, jalur tersebut merupakan rute yang sering ditempuh ketika mudik lebaran (Jakarta-Surabaya). Sedangkan PT Xl Axiata, melakukan uji jaringan serupa, tetapi melalui jalur selatan atau jalur Jakarta-Yogyakarta. 

Pada tahun ini, kedua operator telekomunikasi tersebut melakukan uji jaringan melalui jalur kereta api. Berbeda dengan uji jaringan yang dilakukannya pada tahun-tahun sebelumnya, yang dilakukan di jalan raya menggunakan alat transportasi bus.

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI), Rian Nugroho menyatakan, “pihaknya mewajibkan setiap operator untuk melakukan uji jaringan (test drive)sepanjang jalur kereta api.”

“Untuk pertama kalinya dilakukan uji jaringan di jalaur kereta api di Jawa, karena kebutuhan masyarakat untuk berkomunikasi melalui kereta api cukup banyak,” tambah Rian.

Rian Nugroho kemudian menegaskan, “BRTI merasa puas dengan kesungguhan operator melakukan uji jaringan. Di Pulau Jawa, operator melakukan uji jaringan sampai kepelosok-pelosok desa, untuk memastikan layanan kepada masyarakat agar tetap berkualitas selama masa puncak lebaran.”

Kegitan uji jaringan ini, dilakukan sebagai langkah preventif dua penyedia jaringan telekomunikasi tersebut dalam mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik konektivitas pada musim lebaran 2014. Dengan begitu, setidaknya dapat memberikan pelayanan yang berkualias untuk para masyarakat Indonesia yang akan melakukan mudik lebaran.