Teknopreneur.com – Pasti tidak asing dengan media sosial berikut ini Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram.  Memang, media sosial tersebut sedang gencar digunakan orang-orang dunia untuk menghubungkan satu orang dengan yang lain. Tidak hanya sebagai jejaring sosial tetapi sebagai wujud identitas karena orang-orang dapat meng-upload foto, video untuk menunjukkan ekspresi diri.

Hal ini pun dilakukan oleh Zimbra, setelah meluncurkan open source messaging Zimbra Collaboration, mereka pun tidak luput memberikan solusi guna memperkuat jaringan sosial terutama antar karyawan dalam perusahaan. Zimbra community 8.0 merupakan jejaring sosial bersifat privat dan juga komunitas online.

Karena ditujukan pada target karyawan perusahaan, Zimbra Community 8.0 berusaha meningkatkan jejaring dan produktivitas karyawan melalui model privasi pada data dan informasi baik bagi pengguna maupun klien. Fitur yang berbeda pun dimiliki Zimbra Community 8.0 seperti integrasi dengan jejaring sosial yg bisa digunakan untuk customer relation managament.

Fitur-fitur yang memang ditujukan pada karyawan sudah lengkap karena memiliki aplikasi-aplikasi sosial dan social networking tools. aplikasi sosial memungkinkan pengguna dapat mencari dan menulis informasi melalui blog, mikroblog, wiki, forum serta dilengkapi dengan media galeri foto dan video, event calendar, tag dan tag cloud, WYSIWYG content editing, dan web page.

Zimbra Community 8.0 disajikan layaknya situs jejaring sosial karena dilengkapi dengan mesin pencari orang, profil pribadi, jaringan teman, aktivitas secara stream, event, poll, komentar, like, notifikasi, @mention, hashtag, dan RSS. Karyawan juga dapat memecahkan problem dengan membuat pertanyaan dan jawaban (online FAQ) untuk tracking dan reporting, reputasi konten, kualitas scoring, badging dan poin.

Menurut Brent J Rhymes pun menambahkan, situs Zimbra Community 8.0 dapat diakses melalui smartphone dan tablet seperti Android dan iOS. Selain itu, merupakan situs mobile pertama yang dilengkapi elemen yang spesifik seperti tapbased interface.