Teknopreneur.com- Ingin berkomunikasi dengan teman dari negara lain tapi kosa kata yang kita tahu terbatas. Akhirnya, kita jadi tidak percaya diri untuk memulai komunikasi. Sekarang tak perlu khawatir, dengan WeChat 5.3 masalah ini dapat teratasi. WeChat 5.3 tampil lebih menarik dissesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

WeChat versi terbaru ini menyediakan fitur translation, memberikan kemampuan menerjemahkan kata antara pengguna menggunakan bahasa asing. Fitur ini membantu pengguna untuk memahami dan mengartikan pesan dari bahasa negara lain dengan mudah.

Mengobrol dengan banyak bahasa jadi lebih mudah dan menyenangkan. Pengguna bisa berkomunikasi dengan orang Jepang, China, Korea, Inggris, Amerika, Perancis, dan lainnya. Fitur ini menyediakan lebih dari 20 bahasa bagi para penggunanya.

“Sentuh dan tahan teks lalu pilih terjemahkan,” Benny Ho, Director of Business Devlopment Tencent mencontohkan.

Tak hanya itu, WeChat 5.3 juga menyediakan fitur group chat yang dilengkapi dengan password. Fitur ini membuat komunikasi di dalam group menjadi lebih aman dan terkontrol. Jika ada teman yang ingin bergabung dalam group chat harus memasukan kode rahasia empat digit sebelum bisa mengakses percakapan di dalam group chat. Diskusi bersifat rahasia dan terbatas dalam group pun dapat dilakukan dengan aman.

Bagus Binantoro,  Director MNC Tencent Indonesia mengatakan dibandingkan mobile messaging applikasi lainnya, WeChat memiliki fitur yang jauh lebih lengkap.

“Stiker animasi dari awal WeChat sudah punya,” ujar Bagus

Bagus menjelaskan  WeChat juga memiliki fitur friend radar pertama di Indonesia. Untuk memudahkan pencarian teman yaitu dengan sama-sama mengaktifkan friend radar WeChat.

“Pencarian dapat dilakukan dalam radius 100 meter,” lanjut Bagus.

Menyadari adanya perbedaan culture di setiap negara, Bagus mengatakan WeChat berusaha menyediakan tampilan baru yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. Seperti masyarakat  Indonesia lebih mnyukai  adanya delivery status,  berbeda dengan di China, mereka tidak menyukai adanya delivery status.

“Bagi mereka itu privasi,” tambah Bagus.