Teknopreneur.com – Pernahkah Anda membayangkan memiliki pendengaran manusia super, mungkin untuk memata-matai seseorang di seberang ruangan atau hanya untuk mengintai pasangan Anda? Scoop, Sebuah perangkat kecil buatan Soundhawk ini memang terlihat seperti headset Bluetooth biasa, tetapi memiliki kemampuan berbeda dari yang lain.

Soundhawk, awalnya didirikan oleh pengusaha serial Dr. Rodney Perkins pada tahun 1980 kemudian  dijual Michael Kisch. Menurut CEO Scoop, Michael Kisch, “Perangkat Soundhawk ini, jelas bukan merupakan alat bantu dengar. Perangkat telinga ini jauh berbeda dibandingkan kebanyakan alat bantu dengar yang tersedia saat ini, dan alat ini ditujukan untuk orang yang memiliki pendengaran normal.”

“Perangkat Kami bukan perangkat medis. Kami murni bermain untuk produk elektronik konsumen. Kami berusaha membantu orang dengan kebutuhan situasional untuk mendengar lebih baik, misalnya di sebuah restoran yang bising atau saat berjalan di pusat keramaian kota,” jelas Kisch.

Produk Soundhawk ini, menggunakan smart system yang terdiri dari tiga komponen Scoop, mic wireless, dan yang munkin jadi masalah sumber energi (baterai) yang memerlukan waktu pengisian hingga 8 jam. Scoop ditempel di telinga, sementara mic nirkabel dapat ditaruh sesuai kebutuhan si pengguna untuk mendengar hal tertentu lebih jelas, seperti seseorang atau acara TV.

Semua pengaturan Scoop dikendalikan oleh aplikasi smartphone. Aplikasinya, baru tersedia untuk iPhone dan Android, sehingga pengguna gadget dengan OS tersebut dapat mengubah posisi grid yang ada di layar gadget untuk mengatur suara (frekuensi yang lebih tinggi, suara yang lebih lengkap, dll) sesuai keinginan si pengguna.

Pengguna juga dapat memilih pengaturan berbeda untuk berbeda yang disesuaikan dengan kondisi sekitar, seperti mengemudi di mobil atau duduk di sebuah restoran. Misalnya, Jika Anda sedang mengendarai mobil menguarangi suara kebisingan angin akan lebih ditingkatkan dibandingkan saat duduk di sebuah restoran.

Kisch menyatakan, “Menguji kemampuan Soundhawk membuat merasa seperti memiliki pendengaran super.”