Teknopreneur.com – Menurut perusahaan keamanan Symantec dalam Internet Security Threat Report volume 17, sepanjang tahun 2011 Indonesia menempati peringkat 10 sebagai negara dengan aktivitas cyber crime terbanyak, dengan menyumbang sekitar 2,4% kejahatan cyber di dunia. Angka ini naik 1,7% dibanding tahun 2010 lalu di mana Indonesia menempati peringkat 28.

Untuk itu, perusahaan penyedia cyberthreat sangat dibutuhkan sebagai langkah preventif dalam mencegah terjadinya kejahatan cyber. Dari persoalan tersebut, Kaspersky Lab hadir sebagai solusi bagi perusahaan yang membutuhkan security network.

Proyek Kaspersky Lab yang diberi nama Cyberthreat Real-Time Map ini sekaligus mendapat penghargaan dalam ajang ‘Cutting Edge Project of the Week’ dari Favourite Website Awards (FWA) dan Adobe. Penghargaan tersebut, memberikan pengakuan terhadap proyek-proyek  yang berkomitmen memajukan dunia cyber dengan memanfaatkan fitur-fitur dan teknologi terbaru di browser modern dan menetapkan standar dan ekspektasi baru atas apa yang mungkin dilakukan di dunia cyber.

Peta dinamis 3D ini memvisualisasikan data yang diambil dari Kaspersky Security Network (KSN) berupa jumlah pendeteksian viral secara real time. Dikarenakan cyberthreat milik Kaspersky Lab ini, berbasis awan yang mencakup sampai ke seluruh dunia. Jenis ancaman yang digambarkan dalam peta tersebut meliputi obyek-obyek berbahaya yang dapat dilakukan sendiri (on-demand), seperti pendeteksian email dan situs antivirus, serta obyek-obyek yang teridentifikasi oleh sub-sistem pendeteksian kerentanan dan penyusupan atau intrusi.

Chief Mobile Business Officer Kaspersky Lab, Eugene Chereshnev, menyatakan “Ada jutaan percobaan untuk mencuri data pribadi pelanggan setiap harinya. Di tahun 2013 kami memblokir lebih dari 5 miliar serangan cyber yang dilakukan terhadap komputer dan perangkat mobile pengguna. Saat ini kami memproses sekitar 315 ribu sampel malware unik setiap hari, dan tidak semua orang menyadari hal ini.”

 

“Sebagai perusahaan antivirus kami sangat peduli akan keselamatan Anda dan keselamatan keluarga serta sahabat-sahabat Anda ketika sedang online. CyberMap adalah cara yang sangat baik untuk melihat apa yang terjadi di dunia maya secara gamblang dan informatif, dan ini sangat sesuai dengan tujuan kami. Penghargaan Cutting Edge adalah pencapaian yang luar biasa bagi proyek ini. Jelaslah bahwa kami telah menciptakan layanan yang dicari-cari oleh semua orang dan kami berjanji akan terus meningkatkannya,” tambahnya.