Teknopreneur.com – Pengguna ponsel pintar di Indonesia meningkat pesat. Diperkirakan pada 2014 ini, pengguna ponsel pintar akan mencapai angka 46 juta unit. Menurut ketua Asosiasi Ponsel Seluruh Indonesia(APSI), Ina Hutasoit “Hampir 30 persen pengguna smartphone, tahun ini naik hingga 35 persen.”

Ina mengakui bahwa “Pertumbuhan pesat penggunaan smartphone berkontribusi pula terhadap meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia. Tidak hanya itu, akses internet yang murah yang ditawarkan oleh para operator juga semakin meningkatkan penggunaan internet di mobile.”

Berdasarkan hal tersebut, Qualcomm menjawab dengan mengumumkan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 805 dan modem Qualcomm® Gobi™ 9×35 sebagai penunjang kinerja dari Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A di Korea.

Seperti yang diutarakan oleh executive vice president, Qualcomm Technologies, Inc. and co-president QCT,  Murthy Renduchintala “Korea telah meluncurkan Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A, smartphone LTE Kategori 6 komersial pertama, akan memberi pengalaman komputasi mobile berkelas premium sebagai pengalaman baru bagi konsumen.”

Smartphone Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A adalah perangkat mobile komersial pertama yang memungkinkan penggunannya untuk merekam dan berbagi video Ultra HD serta memutar video ke perangkat eksternal, termasuk HDTV. Bukan hanya itu, melainkan juga konektivitas untuk mobile web streaming, mengunduh data serta tampilan grafis yang menakjubkan, dan ditambah pengalaman permainan game konsol dalam sebuah smartphone ditujukan untuk para konsumen.

Permainan berkualitas konsol diberikan Qualcomm dengan Adreno ™ 420 GPU, yang meliputi pengaturan struktur perangkat keras serta pengaturan efek gelap dan terang. Fasilitas tersebut, mendukung pula grafis menakjubkan berkualitas konsol dengan konsumsi daya yang rendah dan memori bandwidth, sehingga memberikan pengalaman bermain game yang berbeda.

Untuk mengabadikan momen berharga pengolah foto terdepan milik prosesor Snapdragon 805 juga didukung dengan fasilitas image signal processor (ISP) dengan resolusi masksimum mencapai 1.2Gpixel/s. Dengan fasilitas tersbut, memungkinkan perangkat untuk mengambil foto dengan resolusi sangat tinggi dan pengalaman mengolah foto yang mutakhir, sekalipun dalam kondisi cahaya yang rendah.

Fasilitas yang diberikan oleh Qualcomm ini, nantinya tentu akan memberikan pengalaman baru bagi para konsumennya. Smartphone Samsung Galaxy S5 Broadband LTE-A akan tersedia secara komersial mulai pertengahan Juni di Korea.