Teknopreneur.com – Di era globalisasi, dengan semakin banyaknya inovasi bisnis yang hadir membuat persaingan bisnis terjadi di segala bidang yang terkait dengan pemanfaatan IT (Informasi Teknologi). Untuk itu, teknopreneur bersama Bank Mandiri mengadakan seminar dengan tema “Membangun Bisnis Teknologi” bertujuan mengajak para generasi muda untuk berinovasi dalam memunculkan ide-ide bisnis menarik yang berbasis pemanfaatan IT serta ditambah program Bank Mandiri, yakni Mandiri Young Technopreneur.

Seminar tersebut berlangsung di Universitas Islam Negeri Jakarta tepatnya di Fakultas Usuludin. Antusiasme yang tinggi terlihat dengan hadirnya peserta seminar dari berbagai fakultas , bahkan turut hadir Mahasiswa dari Universitas Pamulang. Adapun pembicara dalam seminar tersebut, yaitu Bapak Muhammad Andi Zaky (CEO Teknopreneur) dan Bapak Hary (Bank Mandiri) yang dengan sukarela membagi ilmu dan pengalaman mereka dalam membangun suatu bisnis.

Pak Zaky menyampaikan “Empat hal yang harus dimiliki oleh seorang teknopreneur, yakni Inovasi yang berkelanjutan, segmen pasar yang jelas, SDM (team) yang solid dan memilki  visi-misi yang jelas, dan terakhir networking yang luas.”

“Ketika ide inovasi serta visi dan misi sudah terbayangkan sedangkan kita bingung dan tidak bisa menuangkan ide tersebut. Solusinya adalah mencari partner atau berkolaborasi dengan orang-orang yang paham mengenai bidang yang tidak kita pahami tersebut, sehingga membentuk sebuah sistem yang dapat mengembangkan usaha tersebut dan akhirnya membuat bisnis tersebut memiliki nilai lebih serta bermanfaat bagi orang banyak,” tambah Pak Zaky dalam sesi tanya jawab.

Sebagai penutup Pak Hary mengatakan “Indonesia sesungguhnya memiliki potensi besar yang tertuju pada Sumber Daya Alam yang berlimpah”. Ini harusnya menjadi alarm peringatan dan kita harus sadar bahwa kita memilki karunia yang begitu besar dari Tuhan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan memanfaatkan perkembangan IPTEK yang sudah semakin canggih.