Krisis Listrik : Energi Panas Bumi Souh Lampung Solusinya

102

Teknopreneur.com – Potensi panas bumi yang ada di daerah Suoh, Kecamatan Sekincau, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung telah menjadi perhatian nasional. Pasalnya, panas bumi yang ada di wilayah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi pembangkit listrik. Sebelumnya, Dosen Teknik Geofisika yang juga Dekan Fakultas Teknik Universitas Lampung, Suharno telah berhasil mengembangkan energi panas bumi menjadi energi listrik di daerah Ulu Belu. Daerah tersebut kini telah mendapatkan pasokan listrik sebesar 110 mega watt berkat penelitian yang dibantu PT. Pertamina. Potensi panas bumi di Souh disebut-sebut sebagai potensi panas bumi terbesar di Lampung.

Potensi panas bumi ini mulai dikembangkan secara serius oleh pemerintah setempat dan pemerintah pusat. PT. Cevron, Amerika Serikat bahkan tertarik menanam investasi bagi pengembangan energi panas bumi tersebut. Apabila dikelola secara serius, panas bumi di Suoh diperkirakan dapat menghasilkan listrik sebesar 500-1250 mega watt. Suplai ini akan mampu mengatasi kekurangan listrik di pulau Sumatera. Dengan begitu, panas bumi Suoh dapat menjadi solusi kekurangan pasokan listrik yang sering terjadi di Lampung, bahkan Sumatera.

Demi menyosialisasikan sumber daya alam ini, Pemerintah Daerah Lampung Barat resmi memperkenalkan panas bumi Suoh sebagai salah satu kekayaan sumber daya alam. Sosialisasi juga terlihat pada acara Lampung Fair yang digelar 17-27 Mei lalu. Pemkab Lambar dengan bangga memperkenalkan panas bumi pada salah satu stand di Rumah Adat Lampung Barat. Tak, hanya itu, dijelaskan juga sejarah hingga proses eksplorasi dan pengolahan panas bumi tersebut.

Dari sosialisasi tersebut, terlihat bahwa sebagian besar energi panas bumi Souh berada di daerah pegunungan.  Pemkab Lampung Barat juga telah mempunyai perlengkapan yang digunakan untuk eksplorasi dan konversi panas bumi menjadi energi listrik.