Teknopreneur.com – Dunia kini mengalami krisis energi,  seiring dengan harga minyak bumi yang kian melonjak. Persediaan enegri fosil dunia saat ini makin berkurang, itu yang menyebabkan harga minyak bumi terus merangkak naik. Perlu upaya untuk mengatasi hal ini, yaitu dengan beralih kepada Energi Baru dan Terbarukan (EBT) atau renewable energy. Salah satu contohnya yaitu di Afrika energi surya (terbarukan) dapat meningkatkan pembangunan.

Menurut penelitian, 41% orang di Afrika kekurangan atau tidak mendapat energi yang cukup. Ditambah lagi dengan 65% sekolah dan 30% pusat kesehatan tidak memiliki akses listrik, hal itu dilaporkan oleh The Green Alliance. Selain itu, pertumbuhan ekonomi yang kuat dan infrastruktur energi yang ada (di kawasan itu ) memabuat kawasan itu rem-stagnan pada kemajuan .

 Dengan pertumbuhan penduduk terus melebihi elektrifikasi , jumlah penduduk tanpa akses energi hanya diproyeksikan tumbuh. Hal ini memiliki implikasi signifikan bagi pembangunan , dengan dampak pada kesehatan , pendidikan dan ekonomi rumah tangga . Jumlah yang tidak proporsional waktu dan pendapatan dihabiskan mengamankan energi dengan cara lain , seperti mengumpulkan kayu , yang juga memiliki dampak merugikan pada lingkungan alam .

Menurut The Green Alliance , off-grid photovoltaic surya telah memberikan 2,5 juta rumah tangga Kenya, Afrika, akses ke energi . Anak-anak belajar selama satu jam tambahan rata-rata setiap hari dengan lampu surya , dan rumah tangga menghemat 12,6 % dari pendapatan mereka dan meningkatkan kesehatan mereka dengan beralih dari lampu minyak tanah ke solar .

Laura Taylor , kepala advokasi di Christian Aid , mengatakan : ” Sub – Sahara Afrika menderita krisis energi yang akut , dengan 70 % penduduk tidak memiliki akses listrik yang rendah. Karbon , off-grid energi dapat mengatasi hal ini lebih cepat dan lebih murah daripada  pilihan karbon tinggi. Selain mengurangi kemiskinan dalam proses pendekatan ini juga memberikan kesempatan penting bagi bisnis Inggris , yang juga ditempatkan untuk memberikan solusi rendah karbon dan membantu ekonomi hijau muncul dan atumbuh di Afrika ” .