Teknopreneur.com- Perkembangan bisnis managed services di Indonesia begitu cepat, jika beberapa waktu lalu enterprise system begitu diminati, kali ini PT. Aristi Jasadata mengembangkan Software as a Service (SaaS) untuk menjawab berbagai permasalah IT yang dialami oleh institusi. Aristi bertekad memberikan solusi bagi sebuah institusi mencapai tujuan bisnisnya, mengurangi kompleksitas sistem investasi dan operasi melalui manage service dan cloud solution.

PT. Aristi Jasadata didirikan pada tahun 2013 bergerak di bidang IT, berfokus pada solusi Cloud Computing Managed, yang merupakan anak perusahaan dari Anabatic Technologies group, sebuah perusahaan yang menawarkan one stop solution untuk menangani berbagai permasalahan institusi mulai dari infrastructure, data base, system, operation, security, dan managed services lainnya.

SaaS yang ditawarkan Aristi memiliki berbagai keuntungan seperti pengoptimalan pengiriman layanan, bukan hanya hostoff-the-shelf packaged application, dapat dipakai oleh beberapa pelanggan (multi-tenant), serta transparan upgrade. SaaS bukan hanya sekedar aplikasi perangkat lunak, kepemilikan dan lokasi dioperasikan dan dikelola secara eksternal dengan platform yang terintegrasi.

Fernandes Lambert, Director PT. Aristi Jasadata mengatakan SaaS dapat digunakan oleh perusahaan yang memiliki keterbatasan pada sumber daya, tidak memiliki sistem otomatis International Financial Reporting Standards (IFRS), memiliki masalah dengan sistem, tidak memiliki keahlian dan menginginkan solusi masa depan, dan yang tak kalah penting lebih membantu dalam pengelolaan biaya.

 “Meskipun SaaS dipakai oleh multi instansi, namun keamanan data tetap terjaga karena antara institusi satu dan lainnya tidak terkoneksi,” Nandes meyakinkan.