Teknopreneur.com – Beberapa pekan yang lalu dua orang pelajar asal indonesia mengikuti kompetisi yang bertajuk Intel – International Science Engineering Fair (Intel – ISEF) di California, Amerika Serikat. Para pelajar yang berasal dari SMA Negri 2 Sekayu, Banyu asin, Sumatra Selatan, ini berhasil  memenangkan kompetisi dan mendapat dana penelitian international.

Seperti yang dilansir di harian kompas, rabu, 21 Mei 2014, pelajar indonesia ini melakukan penelitian yang berjudul Kotak Pendingin Ramah Lingkungan (green refrigerant box), penelitian aplikatif ini bergerak dibidang rekaya dan rekayasa material biologi ( engineering ang material bioengineering), berhasil meraih Grand Award for 3rd Place dan Special Award dengan meraup hadiah senilai 10.000 dollar AS (sekitar Rp 114,7 juta).

Hadiah tersebut diberikan oleh Global Development Lab USA ID kepada Muhtaza Aziziya Syafiq (16) dan Anjani Rahma Putri (17), pemenang lomba di ajang kompetisi bagi peneliti muda pra – perguruang tinggi tingkat internatsional. Suatu Kebanggan tersendiri bagi kita semua.

Dalam hal ini, pemerintah diharapkan terus mengembangkan potensi  yang ada pada putra – putri Indonesia. Bangsa ini memiliki ‘bibit- bibit’ unggul, tinggal kemauan, entah itu dari individu, pemerintah pusat, pemerintah daerah agar mengoptimalkan potensi putra – putri Indonesia, karna mereka tulang punggung dimasa yang akan datang.