Teknopreneur.com – Pada zaman sekarang ini, dengan perkembangan IPTEK yang semakin canggih mendorong orang-orang untuk berlomba menciptakan suatu inovasi bisnis. Dalam rangka memotivasi para generasi muda untuk menciptakan inovasi bisnis, Teknopreneur Forum On Campus mengadakan seminar bersama para mahasiswa UHAMKA dengan tema “Membangun Bisnis Teknologi” dibidang kesehatan dan informatika ditambah kerjasama dengan program Bank Mandiri, yakni Mandiri Young Technopreneur. Sesuai dengan tema yang dipilih, acara tersebut diikuti oleh para mahasiswa jurusan FIKES dan beberapa jurusan lainnya yang juga turut serta dalam acara tersebut.

Dengan pembicara yang kompeten dibidangya, yakni Dr. Boenjamin Setiawan founder PT Kalbe Farma juga Salman Subakat Marketing Wardah Cosmetic bersedia untuk membagikan pengalaman dalam membangun bisnisnya. Mereka menceritakan bagaimana dalam membangun bisnis yang mereka jalani mengalami jatuh-bangun yang merupakan sebuah proses dari kesuksesan yang telah mereka peroleh saat ini.

“Dalam memulai sebuah usaha (start up) Anda perlu yang namanya impian dan jangan pernah berharap Anda akan menjadi kaya, karena ketika mengalami kegagalan mungkin bisa membuat semangat hilang dalam membangun usaha kembali. Sebaiknya, ketika ingin membangun sebuah usaha milikilah visi ataupun tujuan usaha yang memiliki nilai lebih, bukan dari segi ekonomi melainkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Untuk itu, passion juga sangat dibutuhkan agar dapat terus memompa semangat dan keinginan dalam berwirausaha,” jawab Dr. Boenjamin dalam sesi tanya jawab.

“lalu dalam mempertahankan  usaha tersebut agar bisa terus eksis caranya adalah berkolaborasi dengan industri besar lainnya walaupun hanya dalam unsur-unsur kecil saja, tetapi kita dapat mengambil ilmu yang kemudian dapat kita kembangkan untuk menciptakan inovasi-inovasi bisnis usaha yang baru,” tambah Dr.Boenjamin.

Kemudian dalam sesi tanya jawab, Salman Subakat juga menambahkan, “Semua usaha ataupun brand besar merupakan hasil dari kerja keras serta proses yang panjang. Kegagalan dalam berwirausaha merupakan bagian dari proses dalam mengembangkan suatu usaha untuk menjadi lebih baik lagi nantinya.”

Kesimpulannya ketika ingin menjadi start up atau memulai usaha baru maka mulailah dengan impian yang dibarengi dengan visi misi yang membuat bisnis tersebut memilki nilai lebih bukan sekedar memperkaya diri. Juga passion harus dimiliki agar terus menciptakan semangat dan keyakinan dalam perkembangan bisnis yang akan Anda jalankan.