Teknopreneur.com – Demensia atau suatu sindroma penurunan kemampuan intelektual progresif yang menyebabkan deteriorasi kognitif dan fungsional, sehingga mengakibatkan gangguan fungsi sosial, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Penderita demensia tidak hanya pada orang tua tetapi juga dapat diderita oleh usia muda dan produktif.

Sebuah sepeda yang menjadi buah bibir pada setiap konferensi kesehatan di Eropa JDome BikeAround, sebuah produk Swedia, dikembangkan oleh Division by Zero bekerjasama dengan Pusat Teknologi Kesehatan Halland di Universitas Halmstad, merupakan sepeda mengingat daya memori para demensia sehingga dapat menggali ingatan lama mereka.

Sepeda yang terhubung dengan tablet dan layar lengkung berukuran besar tersebut dipamerkan pada kegiatan Innovative Sweden di Indonesia International Institute of Life Sciences (i3L) yang diselenggarakan pada tanggal 6 Mei hingga 5 Juni 2014. Penderita demensia dapat bersepeda virtual dengan memilih lokasi mana saja melalui tablet kemudian layar lengkung akan menunjukkan lokasi yang diinginkan. Kelebihan jDome BikeAround tersendiri adalah tersedianya fasilitas Google Street View.

“Pasien menerima stimulasi penting dan merasa senang setelah bersepeda, dan studi membuktikan kegiatan bersepeda ini dapat mempengaruhi dopamine, memang tidak mengurangi demensia tetapi setidaknya dapat memperlambat risiko demensia,” tutur Anders Frisk, manajer direktur di Division by Zero.