Teknopreneur.com – Setelah Bill Gates mendengung-dengungkan bahwa sekarang adalah era robot berada di rumah, Stephen Von Rump, pria yang tinggal di San Fransisco, Amerika Serikat, mempunyai ide baru untuk membuat robot penjaga rumah terutama penjaga orang tua yang sudah lanjut usia. Sebuah alasan yang menarik untuk membuat kreativitas canggih melihat orang tuanya yang sudah tua tinggal jauh di St. Louis sekaligus menderita penyakit Alzheimer. Sebuah ide brilian tersebut membawanya menjadi salah satu pemilik dan CEO perusahaan teknologi ternama di Swedia, Giraff Technologies AB.

Berawal dari membuat sebuah website digabungkan dengan sebuah pemikiran bahwa orang-orang sering menggunakan videophone  melalui telepon seluler mereka, selanjutnya Stephen membuat robot dengan mengusung konsep “Skype di atas roda” dan penjaga untuk lansia.

“Orang-orang dengan tegas menginginkan sesuatu yang tetap menjaga, melindungi para orang tua, membuat mereka tetap aman dan pada waktu bersamaan mengijinkan mereka untuk hidup mandiri karena kita tidak cemas membiarkan mereka tinggal di rumah,” ujar Stephen Von Rump.

Robot penjaga ini terdiri atas sebuah layar tablet yang terhubung dengan unit mesin yang bergerak serupa roda dan memiliki sensor yang dikontrol dari jarak jauh untuk memantau tanda-tanda vital dan aktivitas lansia dan orang-orang difabel.  Robot tersebut mengijinkan para penjaga dapat menjaga lansia tanpa harus bertemu melalui internet. Di samping itu, robot penjaga memiliki sederetan informasi tentang jadwal virtual penjaga lansia dan memberitahu tanda bahaya seperti jatuh dan naiknya tekanan darah. Terlebih lagi, robot pintar ini memberi pelayanan telemedicine yakni selalu terkoneksi dengan dokter dan keluarga sehingga mereka dapat berbicara melalui tatap muka di layar seperti “Skype”.