Teknopreneur.com – Teknopreneur Forum On Campus atau di singkat menjadi TFOC bersama Keluarga Mahasiswa Program Studi Manajemen, Universitas Al-Azhar indonesia dengan tema “Membangun Bisnis Teknologi”. Dihadiri oleh dua pembicara utama yang berpengalaman di bidang bisnis teknologi, yakni Sandy Colondam (Co-Founder PICMIX) dan Adi Widjaja (CEO Budi Mixed Farming) yang akan membagi pengalamannya dalam membangun usahanya tersebut.

Di mulai dengan Sandy, ia berbagi pengalaman dengan para mahasiswa Al Azhar yang hadir dalam acara seminar tersebut. Ia bercerita mengenai pola lean start up dalam pembuatan PICMIX, yaitu verifikasi ke publik. “Kami lebih memilih tidak langsung memasarkan secara massive lewat media, tetapi melalui verifikasi ke publik mendengarkan segala macam bentuk tanggapan dari para pengguna terdekat untuk menyempurnakan fitur-fitur dalam PICMIX,” Ucap Sandy.

Adapun ia membagikan tips dalam membangun atau men-develop suatu inovasi dalam bidang bisnis teknologi. Sandy mengatakan “Dalam membangun sebuah bisnis perlu model bisnis yang kreatif dan inovatif, serta harus memiliki the right team, artinya Orang-orang yang didalamnya memiliki ide kreatifitas yang tinggi juga berkomitmen dalam melaksanakan visi.”

Kemudian dilanjutkan oleh Adi Widjaja yang menjadi pembicara selanjutnya, yang memberikan pemahaman mengenai bisnis teknologi dengan membaginya dalam dua hal, yakni teknologi dan entrepreneur. Ketika digabungkan menjadi Teknopreneur yang artinya bisnis yang berbasi inovasi teknologi.

Adi Widjaja mengatakan “Bagaimana dengan menciptakan inovasi teknologi sehingga dengan teknologi tersebut bisnis yang kita jalani memiliki nilai lebih dan bisa survive dengan bisnis lainnya.” “kemudian ketika Anda ingin memulai suatu bisnis dan terjebak dua pilihan dengan gambaran hamparan laut dengan dua sisi, sisi kiri bersaing dengan bisnis (brand)yang sudah besar atau sisi kanan yang masih blue ocean (masih jarang orang melakukan bisnis di area tersebut),” tambah Adi.

Kesimpulannya, dalam memulai sebuah bisnis apapun (Start up) perlu yang namanya ide kreatif jangan takut menjadi beda karena justru beda dapat memberikan nilai tersendiri dalam suatu bisnis. Perencanaan bisnis yang matang, artinya market-nya harus benar-benar jeli melihat sasaran yang dituju. Kemudian team yang solid yang didalamnya bermunculan ide kreatif serta berkomitmen atas visi bisnis tersebut.